Beberapa simbol perayaan natal yang mengiringi malam natal

Yuk memahami berbagai macam simbol perayaan natal. Banyak yang mesti umat kristiani pahami sebelum merayakan hari raya natal yang sebenarnya. Natal juga identik dengan pengenalan simbol simbol yang melekat setiap perayaan natal setiap tahun. Salah satu simbol perayaan natal yang paling umum yakni pohon cemara tunggal. Kenapa ya setiap ada perayaan natal tidak ada satupun pohon cemara yang berdiri berjejer. Jika belum paham tentang hal itu, bisa jadi akan timbul kekeliruan yang fatal yang menjadi pemandangan aneh tentunya. Nah untuk bisa merayakan hari raya natal dengan benar. Yuk lebih memahami berbagai macam simbol perayaan natal, sehingga makna natal menjadi lebih berarti untuk anda.

Bagi banyak masyarakat kristiani setiap menjelang hari raya natal selalu melakukan tradisi dengan kirim kirim ucapan ucapan terbaik sebagai rasa suka cita karena bisa bertemu dengan natal kembali. Berbagai kartu ucapan natal tentu banyak anda kirimkan dengan bantuan berbagai media elektronik maupun dengan media online, seperti facebook. WhatsApp, SMS, messenger, dan masih banyak lagi. Bahkan banyak juga yang saling kirim lewat grup grup medsos. Sesuai dengan perkembangan dunia informasi maka tentunya kirim kirim kartu ucapan natal menjadi lebih cepat dan aman. Bahkan IG juga menjadi media bagi mereka dengan update status tertentu.

Tentu saja ada waktu waktu tertentu kapan sebaiknya anda salim kirim kabar tentang hari natal. Jangan sampai nantinya maksud aabaik anda dalam merayakan dan menyambut natal menjadi kurang bermakna karena salah kirim atau waktu pengiriman kata kata natal yang kurang tepat. Tentunya hal ini berbeda dengan sepuluh tahun silam yang selalu berbagi kartu pos setiap menjelang perayaan hari natal yang biasanya dibarengi juga dengan datangnya tahun baru. Waktu itu memang cukup sulit memperkirakan waktu yang pas untuk kirim kabar natal. Namun sekarang menjadi lebih mudah dan tepat kapan sebaiknya anda kirim ucapan selamat natal pada sahabat keluarga jauh, maupun oma opa.

Tentu saja perayaan natal akan semakin meriah dengan melakukan langsung dan merayakan bersama keluarga besar anda. Biasanya mereka berkumpul ke para orang tua. Tradisi perayaan natal di Indonesia identik dengan pulang kampung. Sehingga bagi anda sebagai orang tua mesti menyiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan perayaan hari raya natal di tanah air. Setiap perayaan hari natal bagi umat kristiani selalu dimeriahkan dengan berbagai bentuk pohon natal yang dihias indah dengan berbagai macam pernak pernik lampu kelap kelip. Ada cukup banyak gambar pohon natal yang bisa anda lihat untuk inspirasi anda.

Loading...

Perayaan hari natal merupakan waktu paling tepat untuk bertegur sapa dengan seluruh keluarga besar anda. Inilah waktu yang paling tepat untuk saling bermaaf maafan antar sesama teman, kerabat, dan semua keluarga besar anda. Meskipun tidak bisa bertemu langsung karena berada di tempat yang jauh ataupun ada masalah pekerjaan yang tidak bisa ditinggal. Maka bisa saja anda kirim kata kata sejuk sebagai ungkapan isi hati anda. Anda cukup menuliskan beberapa patah kata kata mutiara natal yang baik sesuai dengan isi hati sanubari anda. Natal merupakan peringatan keagamaan bagi seluruh umat kristiani. Dan biasanya disambut dengan kemeriahan dan sendau gurau sehingga suasana ariang tercipta. Meskipun demikian ada hal hal yang mesti diperhatikan, karena makna natal akan semakin tercipta jika anda memahami arti kata natal itu sendiri.

Ada beberapa hal yang menjadi simbol natal, sehingga perayaan natal bisa tampil beda dengan perayaan lainnya. Secara umum perayaan hari raya natal selalu di iringi dengan hiasan hiasan pohon natal yang biasanya berupa pohon beringin yang di hias indah. Namun sebenarnya bukan hanya pohon natal saja. Sebab ada simbol simbol natal yang lain selain hiasan pohon beringin, seperti : sinterklas, lingkaran natal, lilin lilin, lonceng, bintang natal, dan simbol natal lainnya. Nah untuk menambah pemahaman anda tentang arti simbol natal. Yuk kita bahas sama sama di sini :

Lonceng : Sudah menjadi kebiasaan kehidupan pada jaman itu bahwa saat ada kelahiran selalu di iringi dengan bunyi bunyi lonceng. Demikian juga saat nabi Isa ( yesus ) lahir juga di iringi dengan luapan kegembiraan dengan membunyikan lonceng. Nah kebiasaan lonceng inilah menjadi kebiasaan dan simbol perayaan natal. Namun seiring dengan waktu bunyi bunyian lonceng sudah banyak ditinggalkan. Namun anda masih bisa mendengarnya di gereja gereja yang selalu membunyikan lonceng berkali kali saat natal tiba.

Poinsettia : Merupakan sejenis tanaman subtropis yang berasal dari Meksio selatan dan daerah Amerika Tengah. Jenis atanaman ini sering di gunakan di sana. Daunnya yang berwarna merah sering dijadikan sebagai pelengkap hiasan Natal. Bahkan terkadang bisa dijadikan sebagai pohon Natal atau hiasan natal dalam bentuk lain. Poinsettia sebagai lambang berseminya iman dan harapan baru bagi umat kristiani. Penggunaan bunga poinsettia biasanya karena pada saat musim dingin tidak banyak bungan yang tumbuh di sana.

simbol perayaan natal

Kaos kaki : Tahukah anda jika kaos kaki juga bagian dari simbol simbol natal. Kaos kaki bisa dilambangkan sebagai sarana untuk menampung kebaikan. Hal ini terinspirasi dengan cerita kisah St. Nicholas yang melemparkan koin koin emas dalam kaos kaki wanita. Simbol kaos kaki juga melambangkan sebagai wadah untuk menanam kebaikan dan amal baik.

Bintang natal : Perayaan natal selalu identik dengan membawa bintang bintang natal yang berkelip indah. Bintang bintang selalu di identikkan dengan suasana alam pada saat nabi Isa lahir yang disambut dengan gemerlap bintang di langit. hal ini merupakan tanda yang baik. Bintang natal juga bisa diartikan sebagai Bintang Betlehem. Bintang ini juga bisa diartikan sebagai pemberi penerangan saat gelap.

Kostum dan topi Santa Claus : Perayaan hari raya natal tidak lepas dari penampakan seragam merah putih Santa Claus. Perlu diketahui bahwa Santa Claus merupakan tokoh fiktif yang selalu muncul saat perayaan natal. Meskipun demikian kemunculan tokoh tokoh Santa Claus selalu di tunggu tunggu anak anak, karena kebiasaannya yang suka bagi bagi hadiah menarik.

Lilin : Simbol perayaan natal yang tak kalah pentingnya yakni lilin terang. Seperti pada bintang bintang natal. Maka lilin dengan terangnya yang kecil juga bisa diartikan sebagai penerang sekelilingnya. Bisa diibaratkan dunia luar yang gelap akan menjadi terang dengan nyala lilin. Meskipun hanya terang kecil mungil namun memiliki arti yang cukup besar sebagai penerang kegelapan.

Lingkaran natal : Lingkaran berupa karangan bunga ini kebanyakan ditemukan di pintu pintu masuk gereja. Bentuknya melingkar sebagai tanda cinta Tuhan yang terus mengalir tak pernah berakhir. Pada umumnya lingkaran bunga natal ini terbuat dari daun cemara, buah beri untuk hiasan bunga hijau. Inspirasi lingkaran natal ini berasal dari mahkota duri yang dipakai oleh Yesus saat penyaliban pada waktu itu. Buah warna merah dalam lingkaran Natal tersebut diibaratkan sebagai darah Yesus yang tumpah di kayu Salib.

Pohon natal : Inilah simbol natal yang memiliki tingkat tertinggi. Sebuah pohon beringin yang bagian pangkalnya besar dan semakin ke atas semakin runcing. Merupakan sebuah tanda bahwa kekuasaan tertinggi ada di atas yakni tuhan yang maha kuasa. menurut sejarah terciptanya tradisi pohon natal ini berawal dari Santo Bonifasius seorang penyebar agama Kristen di Jerman. Saat berjumpa dengan sekelompok orang yang sedang memuja pohon oak (saxon) dia marah sekali. Maka, pohon oak tersebut ditebangnya. Wow keajaiban terjadi, dari bagian akar pohon oak yang telah tumbang tersebut tumbuh tunas pohon cemara. Pohon natal seperti pohon cemara yang selalu hijau daunnya ketika musim salju. Padahal, pohon lain daunnya rontok ketika musim salju. Pohon cemara untuk Natal menjadi semakin cantik karena banyak hiasan yang digantung.

Loading...
Don`t copy text!