Home » PERJALANAN » Tips cara memilih biro perjalanan wisata Bali terpercaya

Tips cara memilih biro perjalanan wisata Bali terpercaya

Bagaimana cara memilih biro perjalanan yang aman dan terpercaya. Saat melakukan perjalanan wisata khususnya ke pulau Bali. Bisa dibilang gampang gampang susah memilih biro perjalanan wisata yang bertanggung jawab. Sebab bisa dibilang semua biro perjalanan cukup piawai dalam menjaring para wisatawan. Berikut tips singkat mencari label biro perjalanan wisata yang aman. Sehingga suasana perjalanan wisata anda akan lebih berkesan dan aman.

Salah memilih biro perjalanan wisata khususnya ke bali. Ikuti tips singkat cara mudah memilih biro perjalanan wisata yang benar. Jika keiru maka perjalanan touring anda bisa berantakan hanya karena salah memilih agen biro perjalanan yang tidak profesional. Dengan demikian mencoba memilih perusahaan travel liburan ke bali dengan kriteria terbaik. Bali merupakan daerah tujuan wisata nasional maupun skala internasional. Dengan memilih biro perjalanan wisata yang bagus dan bertanggung jawab saat liburan ke Bali, maka diharapkan wisata perjalanan anda menjadi bermakna.

Saat ini terdapat puluhan perusahaan jasa biro perjalanan yang bersedia mengantarkan wisata keluarga anda ke berbagai daerah tujuan wisata, namun pada kenyataannya masih saja terdapat biro jasa perjalanan ini yang nakal dan sangat mengecewakan. Sudah pasang harganya mahal namun tidak dibarengi dengan kualitas pelayanan yang memadai.

Sebenarnya pemerintah dalam hal ini melalui Surat Keputusan Menparpostel No. KM.84/PW.102/MPPT-88 dan diperkuat dengan SK Dirjen Pariwisata No. Kep.07/U/II/91 telah mengelompokkan perusahaan jasa perjalanan wisata ini berdasarkan kesiapan dan kualitas pelayanan yang diberikan. Pengelompokkan tingkat pelayanan jasa biro perjalanan ini dengan memberikan identitas khusus yakni dengan lambang atau simbol CAKRA.

Saat ini terdapat 4 simbol CAKRA untuk membedakan tingkat kualitas pelayanan perusahaan jasa biro perjalanan wisata. Sebenarnya ciri simbol cakra ini bukanlah untuk menilai bagus tidaknya pelayanan jasa biro perjalanan, melainkan lebih pada tingkat layanan yang dimilikinya. Sehingga bisa saja terjadi biro perjalanan dengan predikat cakra B lebih mempunyai mutu pelayanan lebih bagus dari pada jasa perusahaan dengan cakra A.

cara memilih biro perjalanan

Berdasarkan kebijakan tersebut maka biro perjalanan diklasifikasikan menjadi empat golongan yakni BPU Kelas A, B, C, D. Kelas biro perjalanan umum tersebut dinyatakan dengan gambar/simbol CAKRA yakni sebagai berikut:

⇒BPU kelas A dengan simbol Cakra 4 : Perusahaan biro perjalanan berskala besar yang pada umumnya telah memenuhi seluruh kriteria yang ditetapkan
⇒BPU kelas B dengan simbol Cakra 3 : Perusahaan biro perjalanan berskala menengah
⇒BPU kelas C dengan simbol Cakra 2 : Perusahaan biro perjalanan berskala kecil
⇒BPU kelas D dengan simbol Cakra 1 : Perusahaan biro perjalanan berskala kecil sekali

Dengan demikian tentunya jangan sampai salah pilih biro perjalanan wisata, sebab saat sekarang cukup banyak berdiri perusahaan perusahaan jasa khususnya travel travel biro perjalanan. Langkah terbaik tentunya dengan melihat brosur yang ditawarkan dan menanyakan secara detil apa yang tertera dalam brosur penawaran.

Secara umum tingkat atau setiap simbol CAKRA  yang berlaku pada jasa biro perjalanan wisata seperti berikut :

Simbol CAKRA A / 1 ( skala besar )
⇒Melayani tiket transportasi perjalanan di dalam maupun luar negeri.
⇒Menyediakan paket perjalanan wisata di berbagai obyek wisata di inbound dan outbound.
⇒Memiliki kerja sama yang baik dengan hotel dalam maupun luar negeri.
⇒Dapat bekerja sama dan memiliki keterkaitan dengan sesama biro perjalanan berskala internasional.
⇒Mempunyai paket perjalanan haji
⇒Mempunyai beberapa cabang biro perjalanan serupa.

Simbol CAKRA 2 / B (skala menengah )
⇒Hampir sama dengan kriteria pada biro perjalanan skala besar namun dengan kemampuan lebih terbatas. ⇒Belum dipercaya untuk menyelenggarakan paket haji
⇒Dapat melayani paket umroh

Simbol CAKRA 3 dan 4 / C dan D  (skala kecil ) : Hanya mampu menyediakan paket wisata di dalam negeri saja.

Tentu saja pemilihan perusahaan jasa biro perjalanan wisata ini sebaiknya di sesuaikan dengan keperluan anda. Buat apa anda menggunakan jasa perjalanan kelas A ( CAKRA 1 ) jika hanya wisata ke dalam negeri saja. Tentunya hal ini besarnya biaya paket juga mesti diperhitungkan.

Namun demikian sebelum anda memutuskan menggunakan salah satu jasa biro perjalanan, maka sebaiknya teliti dengan benar keseluruhan paket yang ditawarkan serta jangan lupa tanyakan juga besarnya tarif yang dibebankan. Sesuaikan isi paket dengan kebutuhan anda. Jika paket yang ditawarkan lebih banyak dari kebutuhan anda, maka mintalah potongan harga karena tidak semua paket anda ambil. Dengan demikian dapat mengurangi harga yang akan dibayarkan. Buat apa kita mengambil paket komplit jika tidak di ambil pada akhirnya, tentu hal ini merupakan suatu pemborosan.

Pendek kata semua paket yang anda ambil seharusnya anda gunakan dengan sebaik baiknya. Perhitungkan juga dengan waktu yang anda perlukan atau waktu libur anda. Sebagai contoh buat apa anda ambil paket perjalanan ke bali ( misalnya ) 3 malam 2 hari jika anda hanya mengunjungi beberapa tempat wisata saja, sebab kemungkinan paket yang ditawarkan untuk 3 malam 2 hari untuk beberapa daerah kunjungan dan kebetulan anda tidak berminat sesuai isi paket. Untuk itulah dalam hal ini anda harus mengetahui secara detil semua paket dan biaya yang ditawarkan. Disamping itu cobalah untuk mengetahui waktu berkunjung ke pulau bali yang tepat, sehingga saat itu di sana ramai dan banyak pengunjung. Seperti kunjungan objek wisata di Bali bulan Mei. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *