Tips cara membeli laptop sesuai dengan kebutuhan

Kebutuhan laptop semakin kompleks setelah terjadinya pandemi serangan virus corona. Dengan demikian jual beli laptop semakin ramai. Jika sebelumnya laptop atau komputer hanya untuk pegawai kantoran maupun para mahasiswa. Maka saat ini laptop sudah menjadi kebutuhan mendasar semua jenjang sekolah. Meskipun belajar daring bisa dengan handphone. Namun pada kenyataannya dengan laptop jauh lebih mudah dan praktis. Lantas bagaimana cara membeli laptop kualitas terbaik.

Saat ini di pasaran banyak macam dan ragam jenis laptop. Bahkan ada puluhan merk laptop seperti : ASUS, Acer, Toshiba, HP, Lenovo, Dell, Xiaomi, dam lainnya. Sehingga anda mungkin kebingungan mesti memilih merk laptop. Perlu diketahui bahwa setiap produk laptop memiliki kelebihan maupun kekurangan masing masing. Dengan demikian cobalah untuk memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Bagaimana cara mudah membeli laptop terbaik sesuai dengan kebutuhan anda. Ikuti tips praktis berikut!

Pada hakekatnya laptop bisa digunakan untuk segala macam keperluan. Mulai untuk keperluan pengetikan hingga sekedar mainan yakni gaming. Bahkan laptop juga bisa untuk keperluan pekerjaan perkantoran hingga untuk mencari penghasilan di dunia online. Dan pada beberapa bulan terakhir kebutuhan laptop semakin menyebar luas yakni sebagai sarana untuk proses belajar mengajar akibat serangan wabah pandemi virus corona. Bahkan mulai anak anak sekolah dasar hingga pegawai perkantoran menggunakan laptop untuk menyelesaikan tugas sehari hari.

Pada dasarnya semua jenis dan merk laptop memiliki fungsi dan cara kerja sama persis. Dari laptop harga murah hingga laptop termahal memiliki fungsi dan kegunaan sama. Bahkan harga laptop 3 jutaan hingga yang memiliki harga jual puluhan juta juga sama persis. Sehingga bagi orang awam nyaris tidak mengetahui perbedaannya. Sehingga jika kebutuhan anda bisa terpenuhi dengan laptop murah. Mengapa harus membeli laptop yang mahal. Berikut tips lengkap cara mencari laptop sesuai dengan kegunaan dan kebutuhan anda!

Nilai kapasitas RAM

RAM atau Random Access Memory merupakan bagian laptop yang berfungsi untuk kinerja kecepatan akses data. Jadi semakin tinggi kapasitas RAM maka proses kerja laptop anda akan semakin cepat. Perlu diketahui bahwa saat ini laptop terbaru sudah menggunakan OS Windows 10. Sehingga jika anda memilih laptop dengan bilangan RAM 1 GB, maka nyaris laptop anda tidak mampu bekerja. Paling tidak minimal pilih laptop dengan RAM 2 GB. Namun untuk kerja biasa saya sarankan pilih yang memiliki kapasitas RAM 4 GB. Namun jika anda membeli laptop untuk gaming cobalah pilih ukuran RAM 10 GB. Saat ini tersedia berbagai ukuran RAM, mulai dari 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, hingga 32GB

cara membeli laptop

Prosesor

Prosesor atau processor atau Microprocessor merupakan salah satu komponen terpenting dalam laptop. Bisa dibilang bahwa prosesor merupakan otak komputer / laptop. Sehingga semakin besar kapasitas prosesor maka semakin cepat kerja laptop anda. Kapasitas Microprocessor ditentukan oleh Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz)

Ukuran layar display

Tidak kalah pentingnya adalah ukuran layar monitor. Sehingga sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika laptop anda gunakan untuk proses belajar seperti mahasiswa. Maka biasanya ukuran 14” atau 15” cukup sesuai. Namun jika untuk gaming tentunya ukuran besar akan lebih mantap.

Operating System

Laptop yang dijual saat ini biasanya sudah di dukung oleh OS Windows 10. Meskipun sistem operasi komputer ini lebih disempurnakan. Namun bagi sebagian konsumen justru membuat bingung. Bagi yang belum terbiasa justru akan menghambat kerja anda. Sehingga anda bisa pilih sistem OS yang sebelumnya seperti windows XP. Namun saat membeli laptop pilih yang DOS. Karena biasanya OS bawaan pabrik sudah tidak tersedia.

Saran membeli laptop

Pada hakekatnya pabrik laptop sudah menyelaraskan setiap komponen laptop. Sehingga setiap jenis laptop seharusnya mampu bekerja dengan sempurna. Namun demikian untuk penggunaan tinggi sebaiknya pilih laptop dengan kapasitas RAM dan prosesor besar. Karena jika dipaksakan maka laptop anda akan cepat panas dan mungkin saja akan terjadi overheat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *