KESEHATAN

Sosis makanan enak, kenali yang aman di konsumsi

Sosis makanan enak yang digemari anak anak maupun remaja. Ada sosis goreng maupun sosis yang siap makan. Namun banyaknya produk sosis ada yang dibuat secara sembarangan, sehingga tidak aman dikonsumsi karena mengandung bahan berbahaya.

Bahkan ada produk sosis yang menggunakan bahan bahan yang kurang bagus. Sehingga saat anda membeli sosis harus super hati hati. Jangan hanya berpatokan pada harga sosis yang murah. Sebab bisa saja dalam kemasan sebagai sosis daging sapi, namun pembuatannya menggunakan daging campur.

Sehingga meskipun aman dikonsumsi, namun bisa memicu efek domino kesehatan. Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Perlu diketahui bahwa sosis merupakan salah satu jajanan anak anak. Bahkan bisa dibilang anak anak makan sosis setiap hari.

Dengan demikian alangkah bijaksana jika memilih sosis yang berlabel halal. Dan juga diproduksi oleh perusahaan terkenal. Dengan demikian kualitas dan bahan bahan yang digunakan untuk pembuatan sosis lebih terjamin. Oh ya sosis yang bagus tentunya sepadan dengan harganya.

Resep nasi goreng dan cara membuat yang spesial enak

Soal harga sosis inilah yang mungkin bertolak belakang dengan kebiasaan masyarakat kita. Pada umumnya konsumen selalu lebih memilih harga harga miring. Sehingga sosis harga murah lebih diminati. Bahkan yang cukup memprihatinkan adalah sosis tanpa merek juga diserbu pembeli.

baca juga Obat herbal asam urat tanpa efek samping

Bagaimana cara pembuatan sosis

Meskipun sosis bisa dibuat sendiri dengan bahan bahan sederhana. Namun pada umumnya sosis diproduksi oleh pabrik makanan. Meskipun tidak menutup kemungkinan banyak juga home industri sosis. Sehingga pengawasan penggunaan bahan maupun sertifikat halal menjadi lebih sulit.

Bahkan lebih dari itu di pasaran begitu banyak produk sosis tak bermerek, sehingga konsumen tidak bisa mengetahui bahan bahan apa yang digunakan dalam pembuatannya. Nah produk tanpa merek inilah yang harus diwaspadai oleh konsumen. Paling tidak ada 4 tahap pembuatan sosis, yakni :

Resep ayam bakar dan cara membuatnya

Tahap pertama : persiapan bahan utama, seperti daging sapi, daging ayam, bahkan ada juga sosis berbahan ikan. Disinilah yang perlu diwaspadai, karena demi mengejar keuntungan maka mungkin saja menggunakan bahan campuran.

Tahap kedua : persiapan bahan emulsi. Pada umumnya pada proses pembuatan sosis menggunakan bahan penstabil sodium tri polyphospat (STPP). Penggunaannya maksimal 2200 mg/kg atau 0,2%.

Tahap ketiga : yakni pencampuran daging giling dan bahan emulsi pada suhu rendah pada waktu tertentu.

Tahap keempat : Setelah adonan jadi, selanjutnya dimasukkan dalam selongsong sosis yang biasanya terbuat dari lemak hewan.

Tahap kelima : tergantung jenis sosis, mentah atau matang. Maka tahap terakhir yakni pematangan ( dipanggang atau diasapi atau juga fermentasi ), tergantung jenisnya.

Petunjuk lengkap cara memilih ikan segar

Apa saja ciri ciri sosis yang aman dikonsumsi

Sosis makanan enak

Jika pengolahan dan penggunaan bahan bahan benar, maka sosis cukup aman sebagai penambah menu santapan keluarga. Namun pada kenyataannya masih sering ditemukan sosis tanpa merek dengan harga murah meriah. Dengan demikian mulai sekarang lebih berhati hati dalam memilih dan membeli sosis.

Namun demikian secara kasat mata, anda bisa mengenali sosis kualitas terbaik atau sosis asal jadi, sehingga dikemudian hari bisa memicu gangguan kesehatan. Bahkan disinyalir bisa memicu penyakit kanker. Untuk itu pastikan anda sudah yakin jika sosis yang anda beli aman dan menyehatkan. Berikut ciri ciri sosis aman untuk disantap :

⇒Di produksi dalam negeri oleh perusahaan ternama. Jangan bangga dengan sosis impor, sebab standar keamanan berbeda dengan negara kita.
⇒Dalam kemasan tertulis jelas bahan bahan pembuatnya, serta ada label halal yang dikeluarkan BPOM
⇒Sosis kualitas baik memiliki aroma bahan pembuatnya, dan saat dipotong masih terlihat bahan utama serta memiliki pori pori. Sosis daging sapi berwarna merah daging, sedangkan sosis ayam warna merah pucat.
⇒Jangan tergiur dengan harga sosis yang murah meriah, sebab bisa jadi terbuat dari bahan campuran.
⇒Jika dipencet lentur kenyal dan tidak keras
⇒Saat dimasak, sosis yang bagus tidak lumer dan berubah warna.

Ketahui juga Pola makan sehat dapat membantu rencana program diet anda

Penyimpanan sosis juga mesti diperhatikan dengan benar. Seperti daging pada umumnya yang cepat membusuk. Maka sosis sebagai produk turunannya juga memiliki sifat serupa. Sehingga penyimpanan sosis paling bagus adalah dalam freezer atau lemari pendingin.

Pada hakekatnya semua itu berhubungan erat dengan kesehatan. Baik itu pada masa sekarang maupun pada masa yang akan datang. Sebagaimana diketahui bahwa sosis terbuat dari daging sapi. Saat masih berupa daging segar juga tidak bagus bagi kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus, khususnya bagi orang tua maupun yang memiliki riwayat gangguan kolesterol.

Resep masakan jawa urap sayuran paling nikmat

Kenali sosis yang berkualitas rendah

Kegemaran akan makan sosis mungkin saja sulit dihindari. Yang namanya makanan favorit tentu saja sulit dihentikan. Meskipun demikian jangan sembarangan membeli sosis, sebab dipasaran cukup banyak sosis berkualitas rendahan. Apa saja ciri ciri sosis yang tidak aman dikonsumsi, berikut salah satunya :

⇒Sosis dijual tanpa kemasan, sehingga sulit dikenali pembuatnya. Biasanya harga juga murah.
⇒Plastik pembungkus berwarna terang dengan warna serupa isinya.
⇒Meskipun aromanya menggiurkan, namun bukan asli alami, dikawatirkan dibuat dari bahan campuran.
⇒Teksturnya lembut dan licin, apalagi setelah menjadi masakan

Penyakit gagal ginjal dan gejala awal penurunan fungsi ginjal anda

Mengingat banyaknya jenis sosis yang dijual dipasaran, sehingga sudah seharusnya lebih hati hati dalam membeli maupun memilih sosis.

LIHAT JUGA YANG INI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *