Home - PERJALANAN - Prosedur pembuatan dan perpanjangan SIM Internasional

Prosedur pembuatan dan perpanjangan SIM Internasional

SIM internasional berguna untuk berkendara di luar negeri dengan aman dan nyaman secara legal. Biasanya pembuatan SIM internasional bagi mereka yang akan berada di luar negeri dalam waktu cukup lama. Prosedur pembuatan SIM internasional baru maupun tata cara prosedur perpanjangan SIM internasional tidak jauh beda dengan pembuatan dan perpanjangan SIM domestik. Bahkan tidak lebih dari 1 jam maka SIM internasional anda yang baru sudah jadi. Tentunya selama semua persyaratan terpenuhi dengan lengkap.

Lantas dimana bikin SIM internasional. Tidak seperti pembuatan dan perpanjangan SIM domestik. Untuk proses prosedur membuat maupun memperpanjang masa berlaku SIM internasional ada kantor khususnya. Untuk di Jakarta, anda bisa melakukan pembuatan SIM internasional baru maupun perpanjang di Korlantas Polri SIM International ( National Traffic Management Centre ) yang beralamat di Jl. Letjen MT Haryono Kav 37-38, Jakarta. Atau bisa juga di Satpas Polda setempat di daerah atau kota anda.

Prosedur dan persyaratan pembuatan SIM internasional tidak jauh berbeda dengan saat anda bikin untuk SIM domestik pada umumnya. Bahkan jika hanya memperpanjang hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit. lantas apa ya persyaratan untuk bisa membuat SIM internasional. Sebagaimana diketahui bahwa SIM internasional berguna untuk mengemudikan kendaraan di negeri orang, sehingga salah satu persyaratannya adalah memiliki paspor untuk jangka waktu tertentu. Jadi jika tidak memiliki paspor untuk bepergian keluar negeri buat apa bikin SIM internasional. Berikut sejumlah syarat yang diperlukan untuk prosedur pembuatan SIM internasional :

⇔Membawa KTP asli beserta Foto copy, sediakan 5 lembar
⇔Jangan lupa juga membawa Paspor asli beserta Foto copy, sediakan 5 lembar
⇔Membawa SIM lama dan pastikan masih berlaku ( bagi yang ingin memperpanjang )
⇔Bagi WNA sertakan juga KITAP asli beserta Foto copy, sediakan 5 lembar
⇔Pas Foto ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar terbaru dengan pakaian rapi resmi (untuk Pria berdasi, sedaqngkan bagi Wanita menggunakan Blezer ). ⇔Gunakan latar belakang foto warna biru.
⇔Pastikan juga membawa materai Rp. 6.000
⇔Serta biaya proses sekitar Rp 250.000,- ( baru ), dan Rp 225.000,- ( perpanjangan ), tentunya setiap tempat bisa saja menerapkan tarif beda

Di luar negeri memiliki ketentuan tentang Surat Izin Mengemudi yang tidak jauh dengan di Indonesia yakni setiap mengemudikan kendaraan mesti mengantongi jenis SIM tertentu. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa jenis SIM internasional yang bisa anda miliki :

SIM Internasional

Loading...

GOLONGAN A: Sepeda motor dengan atau tanpa gandengan, kendaraan khusus untuk orang cacat, dan kendaraan bermotor roda tiga dengan berat kosong tidak lebih dari 400 kg (900 lbs).
GOLONGAN B: Mobil penumpang yang dapat mengangkut paling banyak 8 penumpang, termasuk pengemudi, atau mobil pengangkut barang dengan berat maksimum tidak melebihi 3.500 kg (7.700 lbs). Kendaraan ini boleh menarik gandengan (trailer) ringan.

GOLONGAN C: Kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut barang dengan berat maksimum yang diizinkan lebih dari 3.500 kg (7.700 lbs). Kendaraan jenis ini boleh menarik trailer ringan.
GOLONGAN D: Kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut penumpang dengan jumlah termasuk pengemudi lebih dari 8 orang. Kendaraan ini boleh menarik trailer ringan.
GOLONGAN E: Kendaraan bermotor yang termasuk dalam golongan B, C, dan D dan diperbolehkan menarik gandengan (trailer) yang tidak ringan.

Tahukah anda bahwa SIM Indonesia juga bisa berlaku di sejumlah negara ASEAN, Australia, dan bahkan di beberapa negara negara Eropa, tentunya dengan persyaratan yang berbeda setiap negara tersebut. Meskipun demikian ternyata tidak semua negara harus menerapkan SIM internasional saat mengemudi di negara mereka. Ternyata SIM nasional Indonesia juga bisa digunakan secara legal di beberapa negara ASEAN, seperti : Singapura ( 12 bulan ), Vietnam, Laos, Myanmar, Malaysia ( selama 3 bulan ), dan Kamboja.

Bahkan di masa depan seluruh negara ASEAN bisa mengemudi dengan SIM indonesia ( sekarang lagi diupayakan ). Untuk mengemudi di Australia dengan SIM nasional Indonesia, maka anda diwajibkan untuk legalisir terlebih dahulu di Konsulat Jenderal Indonesia di Sydney. Namun di Jepang SIM Internasional Indonesia tidak berlaku, jadi jangan mencoba mengemudi di jepang meskipun telah mengantongi SIM Internasional.

Meskipun Demikian International Driving Permit atau SIM Internasional Indonesia tidak serta merta berlaku di seluruh dunia, bahkan ada beberapa negara yang menolak SIM Internasional Indonesia, salah satunya yakni Jepang. Meskipun pada kenyataannya SIM domestik nasional Indonesia bisa berlaku di sejumlah negara yang tergabung dalam perjanjian. Namun pastikan Surat Izin Mengemudi anda tertera tulisan “Driving License”

Loading...
Don`t copy text!