Penyebab sering pusing sakit kepala dan jenis sakit kepala

Apakah anda sering merasakan sakit pusing kepala. Penyebab dan gejala pusing kepala sangat beragam, sehingga akan sulit mencari penyebab yang sebenarnya. Kepala pusing merupakan keadaan dimana terjadi gangguan pada saraf otak yang terjadi pada seluruh daerah di kepala atau sebagian yang biasa disebut sebagai migrain. Pada keadaan biasa yakni gejala pusing ringan masih bisa di obati dengan obat pereda rasa sakit kepala ringan. Meskipun demikian jika rasa sakit di kepala terus berlanjut, maka pengobatan dan pemeriksaan oleh team medis sangat dianjurkan jika pada kenyataannya pusing kepala anda sangat sering terjadi, karena bisa jadi merupakan gejala gejala penyakit serius yang harus anda waspadai.

Sakit pusing kepala banyak diderita oleh mereka yang berusia lanjut, bahkan sakit kepala pusing ini juga dialami oleh mereka yang masih berusia muda. Sebenarnya banyak penyebab pusing kepala namun biasanya hanya diobati seadanya saja. Sehingga akibat sering sakit kepala dan tidak kunjung sembuh maka merupakan indikasi adanya penyakit serius yang memerlukan penanganan lebih serius. Bisa saja karena akibat serangan beberapa penyakit berbahaya, seperti stroke, darah tinggi, demam berdarah, types, dan beberapa penyakit berbahaya lainnya. Dengan demikian tentunya anda harus mengetahui penyebab kepala sering pusing dan langkah selanjutnya melakukan pengobatan secara intensif.

Bermacam penyebab rasa nyeri di kepala sehingga ketika akan mengobati seharusnya dipastikan dahulu apa sebenarnya yang menjadi penyebab timbulnya rasa sakit di kepala. Banyak penyebab sering sakit kepala, sehingga tidak akan menyelesaikan masalah jika hanya melakukan pengobatan ringan. Tetapi sebagian besar dari kita hanya membeli obat pusing dan kadang rasa pusing langsung hilang. Hal ini merupakan suatu tindakan yang keliru. Karena bisa jadi penyebab kepala pusing merupakan dampak suatu serangan awal penyakit berbahaya seperti serangan virus corona

Namun tahukah anda bahwa obat kepala pusing yang anda minum sebenarnya bukan untuk mengobati sakit pusing pada kepala anda. Karena sebagian obat pusing yang dijual bebas hanya untuk meredakan sakit kepala anda, sehingga setelah beberapa lama rasa pusing kepala anda akan timbul kembali. Langkah paling baik adalah segera memeriksakan diri ke dokter keluarga anda. Apalagi serangan sakit kepala datang dan pergi tak kenal waktu. Namun kadang kala bisa juga disebabkan oleh gejala rutin biasa seperti saat akan datangnya menstruasi, pelajari lebih lanjut tentang menstruasi tidak teratur.

Secara umum saat penyakit menyerang anda pasti disertai dengan rasa pusing pada kepala. Hampir semua jenis penyakit menyebabkan pusing kepala. Hal ini disebabkan karena kepala merupakan pusat saraf tubuh kita. Sehingga jenis pengobatan yang hanya menghilangkan rasa sakit kepala ini tidak berguna sama sekali, karena tentu saja sakit kepala anda akan datang kembali.

Dengan demikian sebenarnya kurang berguna minum obat pusing saat anda merasakan nyeri pada kepala. Namun kalau untuk meredakan rasa sakit masih dibenarkan, meskipun demikian tidak dibenarkan minum obat pusing kepala dalam jangka waktu lama, karena sebagian besar mengandung obat bius, itulah sebabnya setelah anda minum obat pusing maka rasa sakit di kepala anda akan berangsur hilang. Namun setelah kandungan obat habis maka rasa sakit akan timbul kembali.

pusing kepala

Gejala kepala pusing hampir minim, sebab biasanya rasa pusing di kepala datang dengan tiba tiba sehingga dapat dibilang tanpa disertai gejala apapun. Dengan demikian untuk mengobati rasa pusing pada kepala anda sebaiknya pergi ke medis ( dokter ) untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab rasa sakit di kepala anda. Jika penyebab utama telah diketahui dan diobati, maka rasa pusing pada kepala anda juga akan berangsur berkurang. Namun demikian pusing sakit kepala ini bisa digolongkan menjadi 3 jenis :

Sakit kepala tegang (tension headache) : Ini adalah kondisi yang paling sering dialami orang. Bahkan banyak orang menyebutnya sebagai sakit kepala “sehari-hari” karena hampir semua orang pasti pernah mengalaminya beberapa kali dalam hidup mereka. Anda mungkin akan mengalami sakit kepala sebelah kanan secara konstan. Rasa sakit pada bagian kanan kepala ini merupakan jenis sakit kepala yang paling umum, meskipun belum ditemukan kejelasan pasti penyebabnya. Selain itu, Anda juga mungkin merasa kaku di belakang leher dan otot bahu kemudian menyebar ke depan, dan merasa adanya tekanan di belakang mata bersamaan dengan tekanan pada rahang Anda. Dalam banyak kasus, sakit kepala sebelah kanan akan hilang setelah 30 menit hingga beberapa hari.

Migrain : Migrain adalah serangan sakit kepala sebelah berulang yang diikuti rasa nyeri yang biasanya parah dan sering membuat penderitanya tidak berdaya. Banyak orang menyebut kondisi ini sebagai sakit kepala sebelah. Rasa sakitnya berdenyut intens atau berupa rasa sakit ekstrem seperti dihantam oleh benda keras. Walaupun begitu, kondisi ini tergolong sebagai gangguan neurologis turunan akibat ketahanan yang lebih rendah terhadap rangsangan penyebab migrain, berbeda dari sakit kepala biasa ataupun cluster. Sakit kepala sebelah dikatakan serius bila berlangsung dari 4 jam sampai 3 hari dan disertai dengan gejala lainnya yang sangat parah hingga menghambat Anda untuk beraktivitas normal. Sakit kepala sebelah juga dikatakan parah jika penderita memiliki riwayat serangan setidaknya 2-5 kali serangan dengan pola yang sama.

Sakit kepala cluster : Sama seperti migrain, kondisi ini juga menyebabkan sakit kepala sebelah di salah satu sisi kepala. Bedanya, rasa nyeri yang intens terjadi secara tiba-tiba dan cenderung muncul di belakang mata atau area sekitar mata. Selain nyeri yang intens, gejala lainnya dari kondisi ini adalah mata memerah dan berair, pupil mengecil, serta hidung berair. Kondisi ini terbilang umum, akan tetapi paling parah di antara jenis sakit kepala lainnya. Setiap serangan sakit kepala sebelah dapat berlangsung 15 menit hingga 3 jam dan sering membangunkan pasien dari tidur karena rasa sakitnya bisa sangat buruk dan intens. Gejala kondisi ini bisa terjadi setiap hari, dan berlangsung beberapa minggu atau bulan pada satu waktu, sebelum reda.

Hal lain yang penting untuk di waspadai, bahwa pembelian sejenis obat obatan pada warung dekat rumah anda harus tetap diwaspadai, hal ini berkaitan erat dengan masa pakai obat tersebut. Sebagian besar warung warung kecil tidak mempedulikan masa kadaluarsa jenis obat, sehingga kadang masih di jual oleh pemilik warung. Dan sebagai gantinya belilah obat obatan hanya di tempat tempat khusus penjualan obat.

Dengan demikian anda akan terbebas dari masalah penggunaan obat obatan yang telah habis masa pakainya. hal ini bukanlah masalah sepele, sebab jika obat kadaluarsa tetap diminum akan menimbulkan masalah baru pada kesehatan anda. Dan jika tidak segera diobati maka kemungkinan anda akan keracunan obat dan dapat mengancam jiwa anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.