Mengenal berbagai macam bahan pengembang kue dan fungsinya

Dengan memahami berbagai macam kegunaan bahan kue, tentunya anda akan lebih paham cara penggunaannya yang benar. Untuk itu ada baiknya mengenal macam macam nama nama bahan kue dan fungsinya. Setiap bahan kue mempunyai kegunaan dan fungsi yang berbeda beda, sehingga jika salah dalam memilih bahan, tentu akan berdampak pada hasil kue yang anda buat. Dengan demikian belajar mengenal fungsi dan kegunaan bahan bahan untuk membuat kue sama pentingnya dengan pembuatan kue itu sendiri. Ayo buntik mulai belajar mengenal bahan bahan kue dan fungsinya di sini.

Berikut jenis bahan kue dan kegunaannya dengan berbagai nama nama bahan untuk membuat berbagai macam kue lengkap dengan kegunaannya, seperti : emulsifier, baking powder, pasta pandan, cake emulsifier, tepung maizena, tepung tapioka, tepung terigu, ragi instan, butter, spekkoek, whipped cream, dark chocolate, mentega padat, keju padat, bread improver, baker Bonus, dan lainnya.

Saat membuat kue, kadang menggunakan bahan kue yang kita belum pernah membelinya dan bisa jadi baru pertama kali mendengarnya, sehingga kadang kala timbul keraguan apakah resep yang kita tulis sudah benar. Seperti diketahui bahwa kue kue modern biasanya memasukkan bahan bahan dengan nama asing, seperti : whipped cream, cake emulsifier, baker Bonus, whipped cream, dan nama nama asing lainnya.

Sehingga kalau sebelumnya anda sudah berencana untuk belajar membuat kue kue baru, setelah melihat bahan bahan dengan nama asing jadi tertunda atau tidak mencobanya sama sekali. Padahal semua bahan bahan kue tersebut ada dan di jual pada toko toko yang menjual bahan bahan kue dan harganya juga tidak mahal.

Yuk kita belajar mengenal macam macam bahan kue dan memahami bahan bahan kue dengan nama asing, supaya saat kumpul bersama bunda bunda lainnya tidak ketinggalan jaman, katanya. Dengan memahami nama nama bahan kue, maka anda bisa lebih mudah mana yang paling cocok digunakan dan sesuai dengan kebutuhan anda dalam membuat macam macam resep kue tradisional maupun kue modern.

Inilah macam macam fungsi bahan kue : spekuk, tepung custard powder, pewangi kue, baking soda, BPDA, SP, baker bonus, emulsifier, bread improver, TBM, ovalet, baking powder, cake emulsifier. Pelajari aneka bahan bahan kue berikut :

Apa itu Emulsifier : Cake Emulsifier adalah bisa juga diartikan sebagai bahan penstabil. Saat ini kita mengenal dua jenis emulsifier, yakni emulsifier alami, seperti : putih telur, kuning telur, susu bubuk, dan lainnya adalah emulsifier buatan, contoh cake emulsifier seperti : SP, TBM, Ovalet, dan lainnya. Emulsifier biasanya digunakan saat membuat kue bolu pandan atau macam macam kue bolu lainnya. Nama lain emulsifier adalah bahan penstabil. Cara menyimpan cake emulsifier di tempat sejuk

bahan kue

Apa itu baking powder : Baking powder merupakan bahan pengembang dan sekaligus pelembut kue. Bahan kue ini mengandung sodium asam pirofosfat, sodium bikarbonat, dan pengemulsi. Biasa digunakan saat membuat kue bolu atau juga ketika membuat martabak.

Apa itu Custard Powder : Yakni tepung jagung atau tepung maizena yang sudah ditambahkan susu, gula pasir, pengental, pewarna serta aroma. Fungsi atau kegunaan tepung Custard Powder biasanya digunakan untuk membuat VLA pada pudding maupun klappetart

Apa itu baking soda : Baking soda sering juga disebut sebagai soda kue dan hampir sama dengan baking powder, hanya saja baking soda ini banyak mengandung sodium bikarbonat. Nama lain baking soda adalah soda kue. Saat anda membuat kue dan menggunakan baking soda, tentunya harus secara cepat tahap pembuatannya, sebab jika terlalu lama maka kue anda akan kempes kembali. Samakah baking soda dan baking powder. Macam macam baking soda

Apa itu SP buat bahan kue : Fungsi, arti, dan kegunaan dalam bahan kue SP yakni untuk Cake Emulsifier / pengemulsi / penyatu/ penstabil, SP untuk dalam membuat kue lebih padat namun tetap lembut. Lantas apa sih perbedaan antara SP, TBM, dan ovalet? sebenarnya semua berfungsi sama hanya berbeda merk serta kualitasnya saja.

Apa itu pasta pandan : Merupakan pasta atau perasa dan biasanya disesuaikan dengan namanya, misalnya saja pasta pandan warnanya hijau dan wangi pandan. Saat ini di toko tersedia berbagai macam jenis, seperti : pasta cokelat, pasta pandan, pasta moka, pasta vanili, pasta stroberi, dan lainnya.

Apa itu cake emulsifier : Merupakan bahan pelembut ( pengemulsi ) adonan kue. Cake emulsifier bisa juga diartikan sebagai bahan pengembang adonan kue. Di Indonesia sendiri, cukup banyak di jual cake emulsifier ini, seperti : SP, TBM, ovalet, dan lainnya. Cake emulsifier digunakan saat anda membuat kue bolu kukus.

Apa itu ragi instan : Merupakan bahan pengembang kue. Contoh ragi instan yang sering kita gunakan adalah fermipan.

Apa itu butter : Kadang kita sering salah mengartikan antara butter, mentega, dan margarine. Sebab ketiganya mempunyai tampilan hampir mirip. Bisa di istilahkan serupa tapi tak sama, perbedaannya terletak dari cara pembuatannya ( kandungannya ).

Apa itu teh klabet : Sering juga disebut sebagai methi atau juga Fenugreek atau juga Hulbah. Tanaman ini bersal dari daerah Eropa tenggara dan juga Asia bagian barat. Daun dan bijinya sangat bermanfaat. Pada umumnya daun teh klabet digunakan sebagai bahan untuk obat obatan herbal, sedangkan bijinya bermanfaat untuk rempah atau bumbu dapur dan salah satunya untuk bahan bumbu gulai kambing.

Apa itu teh adas : Hampir mirip dengan teh klabet bahwa teh adas ini juga banyak digunakan sebagai obat obatan dan bumbu dapur.

Apa itu Butter : bahan dasar butter adalah susu ( cream ), sehingga penyimpanannya mesti dalam lemari pendingin.

Apa itu Mentega : terbuat dari lemak hewan, teksturnya lembut dan sangat mudah mencair jika terkena panas.

Apa itu Margarin : terbuat dari lemak tumbuh tumbuhan, memiliki tekstur lebih padat dan tidak mudah leleh.

Apa itu tepung maizena : Tepung maizena adalah nama lain dari tepung jagung

Apa itu tepung tapioka : Tepung tapioka adalah tepung yang terbuat dari singkong yang telah dikeringkan, sering juga disebut sebagai tepung kanji. Tepung tapioka ini sering digunakan saat anda membuat bakso. Tepung tapioka juga sebagai campuran saat pembuatan resep cilok goreng telur

Apa itu spekkoek : Merupakan campuran dari beberapa bahan seperti : kapu laga, bunga pala, cengkeh, dan kayu manis. Merupakan campuran dari beberapa bahan seperti : kapu laga, bunga pala, cengkeh, dan kayu manis. Kegunaan dan fungsi bumbu bubuk spekuk untuk pengharum sekaligus aroma kue khususnya dalam pembuatan kue lapis legit. Namun saat ini bubuk spekuk ini juga kerap ditambahkan pada beberapa jenis kue, seperti beberapa aneka kue kering bahkan kue brownies. Spekkoek disebut juga sebagai spekuk atau lapis legit, anda bisa mencoba resep kue spekuk
Spekkoek disebut juga sebagai spekuk atau lapis legit. Ya memang benar bumbu spekuk hanya digunakan dalam pembuatan kue lapis legit.

Apa itu whipped cream : disebut juga sebagai krim kocok, warnanya putih lembut. Pembuatannya biasanya menggunakan alat kocok khusus. Kita mengenal dua jenis whipped cream yakni cair dan bubuk.

Apa itu bread improver : digunakan untuk bahan pengembang kue, sehingga kue lebih lembut. Salah satu contoh bread improver yang sering kita gunakan dalam pembuatan kue adalah baker Bonus.

Apa itu VLA : merupakan produk susu khas Belanda yang terbuat dari susu segar, namun saat ini cukup mudah membuat VLA sendiri dengan bahan bahan : Gula pasir, Kuning telur, Susu Cair, dan bahan perisai ( Vanila, Strawberry, dan lainnya )

Apa itu BPDA : Dalam bahasa pembuatan kue kita mengenal istilah BPDA yang merupakan singkatan dari Baking Powder Double Acting. Perlu anda ketahui bahwa baking powder ada dua jenis yang di jual yakni baking powder single ackting (BPSA) dan jenis satunya adalah baking powder double acting (BPDA). Fungsi keduanya sangat berbeda. Sesuai dengan namanya, maka BPSA hanya bereaksi ( mengembang ) satu kali yakni saat bercampur dengan air ( saat pembuatan adonan ). Namun pada BPDA akan mengembang kembali saat adonan didiamkan / difermentasi. Ciri khas penggunaan BPDA adalah hasil kuenya lebih lembut karena bisa mengembang dengan sempurna.

Apa itu keju cheddar : Jenis keju ini pada umumnya berbentuk batangan dan berwarna kekuningan. keju cheddar sering digunakan sebagai topping kue dengan cara di parut. Salah satu kue tradisional yang menggunakan topping keju parut yakni martabak bangka. Salah satu merk keju cheddar yang sering kita gunakan yakni keju kraft

Apa itu keju mozarella : Jenis keju yang satu ini berasal dari italia. Meskipun saat ini sudah banyak negara yang memproduksi keju jenis mozarella termasuk Indonesia. Keju mozzarella banyak digunakan sebagai bahan dasar kue kreasi baru seperti stik mozarella.

Demikian bunda sekalian sedikit penjelasan bahan bahan untuk pembuatan kue. Berbagai alat untuk membuat kue dan fungsinya menjadi cukup penting untuk dipelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.