Konsumsi makanan kaya antioksidan untuk meningkatkan imun tubuh

Menjaga kesehatan dengan meningkatkan imun tubuh. Caranya rajin mengkonsumsi jenis makanan kaya kandungan antioksidan. Konsumsi berbagai jenis makanan baik yang berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Sebagaimana diketahui bahwa penurunan daya tahan tubuh akibat meningkatnya radikal bebas yang mengganggu kerja organ penting.

Kekebalan tubuh akan tercipta jika anda rajin mengkonsumsi aneka macam makanan, seperti sayuran maupun buah buahan yang terbukti memiliki kandungan antioksidan tinggi. Perlu diketahui bahwa serangan penyakit berhubungan erat dengan meningkatnya kandungan radikal bebas dalam tubuh. Jika keadaan demikian terus berlanjut, maka keseimbangan sistem terganggu, sehingga menimbulkan kerusakan salah satu organ organ penting.

Radikal bebas bukanlah bibit penyakit, namun bisa memicu berbagai jenis penyakit berbahaya maupun berbagai macam penyakit kronis. Perlu diketahui bahwa radikal bebas ini merupakan sel sel rusak yang kehilangan pasangannya. Berupa molekul atau atom yang mengandung satu elektron atau lebih. Karena tidak memiliki pasangan inilah, sehingga sangat reaktif dan menempel pada atom yang memiliki pasangan.

Reaksi mencari pasangan ini terus berantai, karena molekul lain kehilangan pasangan. Maka perebutan pasangan molekul ini terjadi dan terus terjadi. Dan suatu ketika menumpuknya radikal bebas dalam tubuh ini akan memicu penyakit penyakit serius dan berbahaya. Untuk itulah diperlukan antioksidan dalam jumlah yang cukup dalam tubuh.

Cukup banyak makanan maupun minuman yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Dengan memiliki cadangan antioksidan cukup dalam tubuh. Sehingga jika terdapat radikal bebas akan dinetralisir oleh antioksidan.. Sebagaimana diketahui bahwa radikal bebas melakukan oksidasi untuk menarik pasangan secara paksa. Nah dengan begitu diperlukan zat anti oksidasi. Itulah ANTIOKSIDAN.

Untuk mendapatkan antioksidan ternyata tidak begitu sulit. bahkan semua jenis makanan yang anda konsumsi setiap hari sebenarnya sudah mengandung antioksidan. Namun tentu saja anda mesti memilih jenis jenis asupan makanan yang kaya antioksidan sehingga tercipta imun tubuh secara maksimal.

Jenis buah dan sayuran kaya antioksidan

makanan kaya antioksidan

Berbagai macam buah buahan segar merupakan sumber antioksidan. Namun pada kenyataannya setiap buah segar tidak sama kandungan antioksidan. Sehingga anda mesti memilih buah buah yang sangat berguna untuk membantu meningkatkan imun tubuh. Berikut kandungan antioksidan berbagai macam buah buahan dan sayuran.

Buah plum hitam : Bentuknya bundar sedikit oval. Meskipun bukan buah asli Indonesia, namun anda bisa mendapatkannya di supermarket. memiliki kandungan antioksidan sebanyak 4.873 dalam setengah cangkir, namun saat dikeringkan jauh lebih besar.

Anggur merah : Meskipun harga anggur merah ini cukup mahal. Namun sepadan dengan kandungan tinggi antioksidan, sehingga mampu meningkatkan imun tubuh. Kandungan antioksidan anggur merah sebesar 2016 per porsi.

Buah blueberry : Ingin sehat makanlah buah blueberry. Sebab kandungan antioksidan buah yang satu ini sangat tinggi. Bahkan setiap cangkir blueberry mengandung antioksidan tidak kurang dari 13.427

Jeruk : Buah rasa asam manis ini cukup bisa diandalkan untuk membantu menaikkan imun tubuh, sebab memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Selain itu buah jeruk juga kaya beta-cryptoxanthin yang berguna menurunkan risiko radang sendi.

Daun bayam : Inilah sayuran murah banyak manfaat. Daun bayam selain memiliki kandungan antioksidan tinggi juga dipercaya mencegah degenerasi makula ( penyebab utama kebutaan pada orang tua )

Kecambah : Sumber vitamin E ini ternyata juga memiliki segudang manfaat. Kecambah yang kita kenal sebagai pelengkap nasi pecel ini, ternyata kaya antioksidan untuk mencegah penyakit kanker paru-paru serta membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, kuku, gusi, kelenjar, tulang, dan gigi.

Kembang kol : Bahan utama masakan capcay ini ternyata juga kaya antioksidan untuk pencegahan penyakit kanker kandung kemih.

Paprika merah : Siapa sangka selain sumber vitamin C juga kandungan antioksidan mampu menangkal aterosklerosis yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Bawang merah :Hampir semua masakan indonesia mencantumkan bawang merah untuk resepnya. kandungan antioksidan pada bawang merah berguna untuk melawan kanker. Namun manfaat bisa anda raih jika dimakan mentah.

Jagung : Siapa sangka sumber karbohidrat ini juga memiliki kandungan antioksidan yakni lutein yang bisa mencegah kebutaan pada masa tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *