Jenis makanan untuk menguatkan gigi

Pilih berbagai jenis makanan yang berguna untuk menguatkan gigi. Untuk mendapatkan kesehatan gigi yang hakiki, maka anda perlu mengkonsumsi makanan tertentu secara teratur. Sehingga terhindar dari kerusakan gigi secara permanen. Sebab jika gigi telah rusak, maka mustahil bisa dikembalikan seperti semula. Gigi rusak biasanya harus di cabut.

Paling tidak ada 5 jenis makanan yang berguna untuk menguatkan gigi anda, seperti : wortel, teh hijau, ikan salmon, sayuran hijau, dan juga keju. Untuk dapat memiliki gigi yang kuat, maka asupan zat kalsium mesti sesuai dengan kebutuhan. Bahkan bukan untuk gigi saja, namun juga dapat memperkuat tulang tubuh anda.

Disamping itu beberapa jenis buah juga cukup baik untuk membantu dan menjaga kesehatan gigi dan mulut, seperti buah apel, anggur, stroberi, jeruk, buah pir, kiwi, dan lainnya. Meskipun demikian untuk menjaga dan memelihara gigi juga diperlukan beberapa asupan gizi  harian. Sehingga kesehatan tubuh tercapai dan gigi tetap terjaga tidak rapuh.

Lantas makanan apa saja yang bisa membantu menguatkan sekaligus menyehatkan gigi anda. Kekurangan zat kalsium bisa membuat gigi rapuh dan mudah patah. Sementara itu ada jenis makanan tertentu yang justru merusak gigi anda. Dengan demikian menjaga gigi mesti secara benar dan teratur. Apa saja makanan yang membantu memperkuat struktur gigi, yuk baca selengkapnya :

makanan untuk menguatkan gigi

Teh hitam dan hijau

Memiliki kandungan zat polyphenol yang memiliki fungsi utama sebagai penghambat tumbuhnya bakteri di dalam mulut akibat sisa sisa makanan. Gunakan teh hitam atau teh hijau untuk berkumur setelah gigi dibersihkan. Namun demikian gunakan teh tawar tanpa gula untuk hasil terbaik.

Buah wortel dan apel

Pernahkah anda merasakan ada rasa asam dalam mulut. Dalam jangka waktu tertentu akibat pertumbuhan bakteri, maka sisa makanan menjadi masam. Nah buah apel dan wortel bisa menetralisir bakteri asam dalam mulut. Bakteri yang bercokol dalam mulut juga membantu tumbuhnya karang gigi. Sehingga dengan mengkonsumsi buah wortel maupun jeruk bisa mencegah timbulnya karang gigi.

Ikan Salmon fresh

Kandungan vitamin D yang terdapat dalam ikan salmon segar dipercaya dapat membantu penyerapan kalsium. Sebagai kita tahu bahwa kalsium merupakan zat penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah kerusakan gigi. Sehingga dengan membiasakan diri makan ikan salmon akan membantu penyerapan zat kalsium dalam tubuh. Dengan demikian kebutuhan zat kalsium dalam tubuh.

Keju dan Yogurt

Bagian gigi paling kuat adalah email atau enamel. Lapisan terluar gigi ini sangat keras dan memiliki tampilan indah yakni putih bersih. Namun akibat kebiasaan buruk seperti merokok atau kurang menjaga kebersihan gigi, maka akan berubah menjadi kekuningan. Nah keju dan yoghurt kaya akan kalsium dan protein yang dibutuhkan untuk menjaga tampilan gigi.

Makanan untuk melancarkan peredaran darah

Tips  cara membuat gigi kuat dan sehat

Selain asupan jenis makanan yang mengandung vitamin gigi, seperti : protein, kalsium, dan zat lainnya. Maka kebiasaan kehidupan sehari hari anda juga menentukan perawatan gigi anda. Ada beberapa hal yang mesti anda jalani, sehingga kesehatan gigi anda peroleh, apa itu, yuk lihat selengkapnya :

Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Tumbuhnya bakteri asam dalam mulut terjadi karena kurangnya dalam menjaga kebersihan di dalam rongga mulut. Banyak kebiasaan keliru yang terjadi selama ini. Pada umumnya membersihkan gigi saat bangun tidur dan mandi sore. Perilaku ini tidak salah namun kurang tepat. Yang benar adalah membersihkan gigi setelah makan. Sehingga sebelum sisa makanan belum membusuk sudah dibersihkan.

Kurangi kebiasaan makan makanan manis

Zat gula dalam makanan anda bisa menempel kuat pada lapisan gigi. Sehingga jika tidak segera dibersihkan akan berubah menjadi asam akibat kerja bakteri. Keadaan ini akan membantu pembentukan plak plak gigi. dan kemungkinan besar juga merusak gigi. Dengan demikian cepatlah gosok gigi setelah selesai makan makanan manis.

Sering sering minum air putih

Air putih membantu menetralisir dan membersihkan gigi anda. Sehingga sering sering berkumur dan minum air putih. Sesuai anjuran dokter, sebaiknya minum air putih sekitar 8 gelas sehari. Dengan sering minuman air putih juga membantu mencegah kekeringan dalam rongga mulut dan membersihkan gigi dari sisa makanan.

Pergi ke dokter gigi secara teratur

Dengan mengunjungi dokter gigi secara teratur, maka kesehatan gigi anda akan lebih terjaga. Paling tidak setiap 6 bulan sekali sebaiknya anda pergi periksa gigi dan mulut ke dokter gigi. Perawatan gigi ke dokter paling tidak membersihkan plak plak gigi yang menempel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *