OTOMOTIF

Jenis aki mobil dan motor beredar di Indonesia

Ada banyak jenis aki yang bisa digunakan untuk mobil dan motor. paling tidak ada 6 jenis aki dijual dipasaran dan beredar di Indonesia. Meskipun hanya ada beberapa jenis maupun tipe aki yang cukup dikenal konsumen, seperti : aki kering, aki basah, dan juga aki hybrid.

Padahal sebenarnya masih ada jenis aki lainnya yang bisa anda pakai untuk kendaraan, seperti : Aki Gel, aki kalsium, serta aki MF AGM yang masih awam bagi masyarakat kebanyakan. Meskipun demikian setiap jenis aki mobil atau motor memiliki kelebihan maupun kekurangan masing masing.

6 Jenis / tipe aki dijual dipasaran

Penggunaan aki pada mobil dan motor cukup vital, sehingga konsumen berharap aki yang digunakan untuk mendukung performa kendaraan tetap prima dan awet. Namun demikian usia pemakaian aki ada batasnya. Secara umum aki bisa bertahan dari 2 tahun hingga paling lama 5 tahun. Banyak penyebab kerusakan aki, diantaranya pemakaian dan perawatan.

Nah saat aki kendaraan sudah mulai menunjukkan tanda tanda akan soak. Maka siapkan pengganti aki yang baru. Paling tidak anda mempunyai 6 pilihan tipe aki yang bisa digunakan untuk menopang performa mobil atau motor anda.

Jenis aki mobil

1. Jenis aki basah

Inilah jenis aki yang paling pertama kali di produksi. Dengan perawatan yang bagus, maka aki tipe basah ini mampu bertahan hingga 4 tahun lebih. Namun cukup banyak juga yang hanya bertahan 2 tahuan. Bagi pengguna aki basah, harus sering sering cek level cairan elektrolit didalamnya, karena sangat mudah menguap. Penyebabnya adalah penggunaan timah antimoni pada sel sel aki. Namun harga aki basah paling murah diantara jenis aki lainnya.

2. Jenis aki kering

Aki kering bisa dibilang tanpa memerlukan perawatan sama sekali. Sehingga praktis anda hanya menjaga kebersihan bodi dan katup pada kedua kutub aki saja. Aki jenis kering sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aki basah. Hanya saja cairan elektrolit di dalam tabung aki tidak mengalami penguapan yang cukup besar berkat kandungan timah kalsium. Sehingga level zat cair masih tetap terjaga dalam keadaan normal.

Bisa dibilang sebagian sepeda motor generasi terbaru sudah menerapkan penggunaan aki kering ini. Namun Untuk penggunaan mobil masih terbatas pada sebagian mobil tertentu. Untuk mobil mobil lama seperti toyota kijang dan kendaraan besar masih tetap mempercayakan pada aki basah.

baca juga cara memilih ban mobil

3. Jenis aki kalsium

Setingkat lebih bagus adalah aki kalsium. Selain memiliki tingkat penguapan lebih rendah, juga kedua kutub aki tipe kalsium terbuat dari bahan kalsium. Sehingga penyaluran arus daya listrik lebih bagus. Dengan demikian arus kelistrikan dalam kendaraan semakin lancar, startup semakin tucker, lampu lampu mobil tambah terang. Aki jenis kalsium mempunyai masa pakai lebih lama.

Harga oli transmisi kendaraan matic

4. Jenis aki hybrid

Jangan salah sangka jika aki hybrid khusus untuk mobil hybrid saja. Aki tipe hybrid bisa digunakan untuk jenis mobil apapun. Berbeda dengan aki kering yang tidak memerlukan penambahan cairan. Aki tipe hybrid tetap memerlukan perawatan seperti menambahkan cairan jika kurang dari level normal. Perlu waspada jika air aki hybrid sifatnya korosif.

Namun yang membedakan dengan jenis aki basah yakni aki hybrid bisa langsung pakai, sebab cairan elektrolit sudah terisi saat pembuatan. Meskipun demikian penguapan zat cair dalam aki hybrid sangat kecil, sehingga jika tidak ada masalah, maka level air aki tetap normal.

Coba lihat dan cek daftar harga mobil toyota baru

5. Jenis aki gel

Bisa dibilang aki tipe gel merupakan aki terbaik saat ini. Berbeda dengan jenis aki lainnya, bahwa aki gel tidak menggunakan cairan elektrolit, sebagai gantinya memakai gel yang terbuat dari bahan asam sulfat atau H₂SO₄. Sehingga praktis tidak terjadi penguapan. Sehingga usia pemakaian aki gel lebih lama, dan bahkan mampu bertahan hingga 5 tahun.

6. Jenis aki MF AGM

Tipe aki yang satu ini adalah Maintenance Free Absorbent Glass Mate yang artinya bebas perawatan karena cairan aki terlindungi. Karena adanya sistem absorbent glass mate, maka tidak terjadi penguapan. Sebenarnya cairan tetap mengalami penguapan, namun karena ada separator khusus, sehingga tidak menguap ke udara bebas.

Dengan demikian aki tipe MF AGM sangat cocok untuk tipe mobil Off Road seperti Jeep Wrangler yang sering terguncang dijalanan perbukitan. Sehingga saat mobil terbaik maka aki tetap dalam keadaan bagus dan cairan tidak serta merta keluar.

LIHAT JUGA YANG INI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker