alat tambal ban motor

Cara tambal ban motor tubeless dengan tespen bekas

Banyak cara tambal ban motor tubeless. Bahkan anda bisa modifikasi tespen bekas sebagai alat tambal ban motor. Dan hasilnya tidak kalah dengan alat penambal ban tubles resmi. Pada hakekatnya banyak cara menambal ban tubles, sehingga tidak harus dengan alat penambal resmi yang banyak di jual.

Keuntungan memakai ban jenis tubeless pada sepeda motor yakni jika tertusuk paku diperjalanan tidak langsung kempes. Bahkan agan masih bisa mengendarai sampai rumah. Dan selanjutnya bisa tambal ban bocor sendiri di rumah. Bahkan jika terpaksa agan juga bisa menutup lobang kebocoran dengan bahan lainnya.

Tidak seperti menambal ban dalam. Justru penambalan ban tubles jauh lebih mudah, simple dan cepat. Tidak perlu dengan peralatan yang harus beli. Namun anda bisa membuat alat penambal ban tubles dari tespen bekas. Seperti diketahui bahwa harga ban motor saat ini lumayan mahal. Sehingga penggunaan ban tubeles jadi lebih menguntungkan.

Cara membuat alat tambal ban tubles cukup mudah. Kali ini admin menggunakan tespen bekas hasil modifikasi sebagai alat tambal ban tubles yang hasilnya sama dengan alat tambal yang ada di toko.

baca juga Awas oli mesin sepeda motor matic lebih cepat berkurang

Meskipun demikian anda bisa menggunakan bahan logam apa saja sebagai alat untuk membantu menambal ban motor. Prinsipnya yakni untuk memudahkan memasukkan refil cacing karet sebagai penyumbat ban. Cara alternatif penambal ban motor ini justru lebih baik. Sebab dengan alat tambal ban resmi justru harus melobangi ban lebih gede.

Cara membuat alat tambal ban motor tubeles

Siapkan besi atau logam apapun yang anda temukan
Dalam hal ini saya menggunakan tespen bekas
Bakar tespen dan gepengkan
Kemudian gergaji ( gurinnda ) bagian ujungnya
Selanjutnya rekatkan bagian ujung sehingga tetap ada lobang dibagian tengah.

alat tambal ban motor

Cara menambal ban tubeless sepeda motor sendiri

Siapkan refil karet. Agan bisa membelinya di toko spare part.
Kemudian ambil paku yang menancap ada ban
Masukkan refil pada penusuk ( tespen bekas )
Lantas tusukkan pada bagian yang bocor
Pompa ban motor dan tes

Pada produksi sepeda motor generasi terbaru pada umumnya sudah menerapkan penggunaan ban tubeless pada produknya. Sehingga penggunaan ban dalam pada sepeda motor sudah mulai ditinggalkan. Bisa dibilang ban tubles lebih irit dari pada ban konvensional.

Bahkan harga ban tubeless juga cukup murah. Bahkan jika anda bandingkan dengan ban tube tipe tidak terpaut jauh. Anda bisa bayangkan berapa kali direpotkan saat menggunakan ban dalam. Dan jika di total biayanya cukup besar karena sering menambal ban di tengah jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *