Cara menanam cabe dengan sistem tanam hidroponik

Cara menanam cabe di lahan terbatas dengan sistem tanam hidroponik. petunjuk lengkap cara tanam cabe dengan sistem hidroponik. Harga cabe yang terus melonjak akibat gagal panen bisa di antisipasi dengan tanaman cabe hidroponik. Tanaman sistem hidroponik rumahan tidak perlu menggunakan lahan luas. Di halaman rumah atau di samping rumah juga jadi dan tetap bisa tumbuh dengan subur. Sebagaimana diketahui bahwa sistem tanam tanaman hidroponik bisa tumbuh di lahan sempit asalkan mendapatkan cahaya sinar matahari pagi. Nah untuk menghindari harga cabe yang naik turun tidak ada salahnya untuk coba menanam cabe sendiri di rumah.

Sistem tanam hidroponik menjadi terobosan terbaru dalam hal cara tanam sayur sayuran termasuk cabe, tomat, dan tanaman kecil akal serabut lainnya. Sudah banyak terlihat kebun sayuran hidroponik di rumah rumah perkotaan. Bahkan dengan teknologi hidroponik bisa juga sebagai media tumbuh pohon besar bonsai akar serabut. Nah dalam artikel cara tanam sistem hidroponik kali ini admin akan mencoba berbagi ilmu bagaimana cara menanam cabe merah besar maupun cabe keriting merah atau cabe rawit hidroponik dengan menggunakan media tanam hidroponik. Berikut petunjuk lengkap cara menanam cabe hidroponik khususnya bagi pemula.

Ada beberapa hal yang mesti anda persiapkan sebelum bercocok tanam cabe hidroponik. Dalam hal ini kita hanya menggunakan lahan sempit dan sangat cocok dikembangkan di perumahan perumahan perkotaan. Banyak kegagalan cara menanam cabe hidroponik hanya karena hal sepele. Bahkan sudah memakai teknologi hidroponik dengan benar, namun hasil panen tidak menggembirakan. Hal ini disebabkan karena kurang tepat dalam memilih lahan disekitar rumah. Meskipun cara tanam hidroponik anda sudah sempurna, namun jika kurang memperhatikan cahaya matahari maka hasilnya tentu kurang memuaskan.

Sebelum melangkah ke cara menanam tanaman cabe ( merah keriting, merah rawit, merah besar, dan tanaman cabe lainnya ) ada beberapa tahapan yang mesti anda persiapkan yaitu tahap pembuatan media hidroponik, tahap persemaian cabe, tahap penanaman cabe, dan tahap pemberian asupan nutrisi cabe. Berikut tutorial cara tanam tanaman cabe dengan media sistem hidroponik selengkapnya :

Loading...

Tahap pembuatan media tanam cabe hidroponik : Ada berbagai tipe media tanam cabe dengan sistem hidroponik dari yang paling simple hingga yang membutuhkan dana besar. Namun karena kita akan mencoba tanam cabe hidroponik di lahan sempit seperti di sekitar rumah, maka media tanam yang paling praktis adalah menggunakan pipa paralon ukuran 4″ dan beberapa buah bekas minuman aqua gelas. Atau bisa juga dengan biaya gratis dan murah yakni dengan menggunakan botol minuman soda bekas ukuran satu setengah liter. Cara tanamnya bisa digantung ditempat yang sesuai.

tanaman hidroponik botol aqua bekas

Tahap pencarian benih cabe tanaman hidroponik : Biji persemaian cabe ini tidak perlu beli di pasaran ya, karena anda bisa membuat benih cabe sendiri dan melakukan persemaian dengan hasil maksimal. Yang perlu anda persiapkan untuk memperoleh benih biji cabe kualitas terbaik, berikut langkah langkah mendapatkan benih biji cabe berkualitas :
⇒Pilih beberapa buah cabe dengan usia tua, anda bisa langsung cabe di dapur dan cari yang paling tua.
⇒Kemudian jemur hingga kulit cabe benar benar kering, dua tiga hari sudah cukup
⇒Coba cek biji cabe apakah sudah benar benar kering, jika ok yuk lanjutkan
⇒Lantas rendam dalam air hangat, nah biji yang mengapung berarti kualitas jelek.
⇒Ambil biji yang tenggelam dan lakukan persemaian sebagaimana mestinya

Tahap penanaman biji cabe di media tanam hidroponik. Setelah anda mendapatkan biji cabe benih berkualitas terbaik, maka selanjutnya ke sesi penanaman atau persemaian. Tahapan persemaian atau pembibitan ini cukup penting khususnya untuk tanaman cabe, karena seperti diketahui bahwa tidak semua bibit biji cabe bisa tumbuh dengan baik. Untuk itulah perlu memilih bibit kualitas unggul di tempat persemaian. Lantas melakukan pemindahan pada media tanam.

Pada kebun hidroponik mengenal berbagai macam dan jenis media tanam dari pupuk kompos hingga busa kasur ataupun sabut kelapa. hal ini tentunya tergantung dari sistem tanam hidroponik yang anda pilih. Bagi mereka yang sudah paham dan pengalaman biasanya menggunakan media tanam dengan bahan bahan modern seperti busa, rockwool, dan media tanam non organik lainnya. Namun bagi pemula sebaiknya menggunakan media tanam organik seperti kompos, pupuk kandang, dan lainnya. Sehingga jika pemberian nutrisi kurang tepat, maka tanaman masih mendapatkan dari media tanam untuk kebutuhan nutrisi.

Kebutuhan nutrisi tanaman hidroponik tidak jauh berbeda dengan tanam tanaman sistem non hidroponik. Jadi hanya media tanamnya saja yang berbeda. Jika pada pertumbuhan tanaman konvensional media tanah hanya memerlukan penambahan nutrisi tanaman, karena pada hakekatnya nutrisi tanaman media tanah sudah tersedia semua di dalam tanah. Hal berbeda jika menggunakan sistem tanam hidroponik, praktis semua kebutuhan nutrisi tanaman mendapat pasokan manual semua dari luar. Dengan demikian pasokan nutrisi pada tanaman hidroponik harus betul betul diperhatikan.

Tahap pemberian nutrisi makanan tanaman hidroponik. Pada umumnya pemberian nutrisi untuk kebun dengan cara tanam hidroponik adalah untuk pemenuhan unsur hara. Nah pupuk yang paling tepat adalah pupuk khusus tanaman hidroponik AB-MIX. Pupuk Jirifarm AB-MIX khusus tanaman hidroponik ada dua jenis yakni berupa bubuk dan cairan. Jika kesulitan mendapatkan pupuk hidroponik AB-MIX, sekarang sudah banyak di jual di Online Shop dengan harga murah terjangkau tergantung berapa banyak anda membeli. Lantas bagaimana campuran nutrisi tanaman hidroponik yang paling tepat, ikuti cara membuat takaran nutrisi tanaman hidroponik berikut :

⇒Siapkan dua jenis pupuk hidroponik AB-MIX yakni pupuk AB-MIX tipe A dan pupuk AB-MIX tipe B
⇒Untuk pupuk AB-MIX bentuk bubuk, larutkan dahulu 1 sendok dengan air sumur 1 botol. Lantas campurkan kedua larutan menjadi satu.
⇒Untuk pupuk AB-MIX bentuk cair caranya sama yaitu campurkan pupuk AB-MIX tipe A dan tipe B, lantas gunakan untuk tanaman hidroponik anda.

tanaman cabe hidroponik

Paling penting diketahui adalah bahwa tanaman cabe bukanlah merupakan pohon kuat yang tahan segala cuaca dan perlakuan. Pohon cabe mudah tumbang hanya karena tiupan angin. Oleh sebab itu ada baiknya untuk mengikat pohon cabe dengan tangkai bambu atau lainnya supaya mampu tegak berdiri.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!