Cara membersihkan CVT Honda Vario sendiri

Apa penyebab motor Honda Vario bergetar saat di gas. Jangan buru buru ke bengkel hanya karena Vario anda gredek gredek saat tarikan gas awal atau mau jalan. Pada umumnya motor matic atau skutik matic transmisi otomatis memang begitu. Terasa bergetar saat tarikan gas awal.

Bisa jadi penyebabnya hanya sepele, sehingga agan tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Karena dengan sedikit usaha, maka getaran akan banyak berkurang. Getaran tersebut berasal dari ruang CVT yang diakibatkan oleh gerakan atau putaran V belt.

Gredek di CVT Honda Vario bisa disebabkan oleh beberapa hal, dan salah satunya oleh debu yang menumpuk di ruang CVT akibat gesekan V belt saat putaran tinggi. Sehingga dengan membersihkan CVT, maka getaran atau gredek akan berkurang.

Meskipun demikian, jika setelah dibersihkan tidak ada perubahan sama sekali. Maka kemungkinan besar bagian CVT mesti diganti. Pada umumnya bagian CVT motor matic yang mudah aus yakni roller dan kampas kopling. Namun jika anda sering membersihkan, maka juga bisa awet hingga bertahun tahun.

V belt merupakan salat satu bagian CVT motor matic yang menjadi biang kerok. Akibat gesekan dengan logam pada putaran tinggi, maka menghasilkan debu debu halus yang bisa mengganggu kerja komponen CVT. Oleh sebab itu anda mesti sering sering membersihkan ruang CVT motor matic ini.

Lantas berapa lama CVT honda Vario maupun sepeda motor skutik matic mesti dibersihkan. Untuk pemakaian normal, seperti pulang pergi bekerja. Maka sebaiknya setiap ganti oli mesin, sekalian bersihkan ruang CVT. Perlu diketahui bahwa bongkar pasang blok CVT sepeda motor matic cukup mudah. Sehingga anda bisa membersihkan sendiri dan tidak perlu tenaga bengkel.

Petunjuk cara membersihkan CVT Honda Vario

Sebenarnya bukan hanya untuk motor Honda Vario saja. Juga pada sebagian besar sepeda motor matic, maka anda bisa membersihkan sendiri. Dan cara buka CVT juga hampir semua sama caranya. Sehingga meskipun anda pemula. Asalkan ada kemauan tentu bisa melakukan sendiri.

Kunci apa saja yang diperlukan untuk membongkar CVT. Jika tujuannya hanya membersihkan kotoran debu, maka hanya menggunakan obeng kembang dan kunci T ukuran 8 mm. namun demikian pada beberapa tipe motor matic ada juga yang menggunakan kunci L ukuran 5 mm.

Berikut tutorial membongkar dan membersihkan CVT Honda Vario atau motor matic pada umumnya. Bahkan tata caranya sama untuk jenis dan tipe motor matic, seperti honda beat dan yang lain.

Kunci dan peralatan untuk buka ruang CVT motor matic

  • Kunci T ukuran 8 mm
  • Kuncil L ukuran 5 mm
  • Obeng kembang
  • Angin tekanan tinggi atau cairan pembersih

Prosedur membongkar dan membersihkan CVT motor matic

Prosedur membongkar CVT Vario

  1. Untuk mempermudah kerja agan, maka buka dahulu Air Filter ( filter udara ) dengan obeng kembang
  2. Lepas semua baut dengan menggunakan kunci T ukuran 8 mm
  3. Lantas tarik secara perlahan, jika keras congkel perlahan

Nah sekarang sudah terlihat bagian atau ruang CVT motor matic. Proses selanjutnya adalah membersihkan hingga benar benar bersih.

Ruang bagian CVT Honda Vario

Untuk membersihkan ruang CVT ini bisa dengan semprotan angin tekanan tinggi atau bisa juga dengan cairan pembersih. Jika getaran tidak cukup parah, maka hanya disemprot sudah cukup memberikan hasil lumayan bagus.

Namun demikian jika mas bro ingin tuntas, maka lepas bagian CVT. Untuk rolling depan dengan kunci 22, sedangkan bagian kampas kopling dengan kunci 19. Pada dasarnya tidak ada yang perlu di setting, sehingga buka dengan perlahan dan hapalkan tempatnya. Supaya nantinya setelah dibersihkan bisa dipasang kembali seperti semula.

Nah setelah di servis atau dibersihkan bagian CVT ini, maka sepeda motor anda kembali bertenaga dan tidak gredek lagi.

LIHAT JUGA YANG INI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker