Home - KESEHATAN - Bagaimana cara pengobatan dan perawatan penyakit stroke

Bagaimana cara pengobatan dan perawatan penyakit stroke

Pengobatan penyakit stroke. Pengobatan penyakit stroke memerlukan metode yang benar sehingga dampaknya menjadi semakin ringan. Perawatan penyakit stroke yang benar bisa membantu pemulihan dan penyembuhan lebih cepat. Cukup banyak yang berhasil dengan melakukan cara perawatan penyakit stroke sendiri. Lantas bagaimana sebenarnya cara mengobati dan merawat penyakit stroke. Perlu diketahui bahwa sebagian besar kasus stroke terjadi secara tiba tiba dan bahkan tanpa disertai gejala apapun. Serangan stroke ini termasuk dalam jenis penyakit berbahaya yang dapat mengancam jiwa, sehingga memerlukan penyembuhan dengan segera. Dengan demikian apa sebenarnya penyakit stroke dan mengapa selalu menyerang secara mendadak. Yuk kita pelajari lebih lanjut dan seksama apa itu serangan stroke.

Meskipun ada cukup banyak jenis penyakit stroke, namun sebenarnya mempunyai kesamaan, yakni tidak berfungsinya sebagian anggota tubuh penderitanya. Parah tidaknya serangan stroke ini sangat tergantung dari penyebabnya. Meskipun demikian beberapa kasus stroke ringan masih bisa dicari solusinya, baik itu dengan ilmu kedokteran maupun dengan beberapa pengobatan alternatif. Dengan melibatkan dokter Neurologi tentunya akan membutuhkan biaya yang sangat besar.

Sehingga jika anda hanya menderita penyakit stroke ringan, tentunya lebih baik jika menempuh jenis pengobatan sejenis pengobatan alternatif. Cukup banyak memang pengobatan alternatif saat ini, seperti pengurutan, tusuk jarum, dengan terapi, maupun dengan obat obatan herbal. Meskipun demikian tentu saja tidak semua pengobatan harus anda tempuh, namun cukup pilih salah satu yang paling sesuai dengan gejala stroke anda.

Beberapa serangan stroke ringan seperti : gangguan saraf lokal atau defisit neurologis yang ditandai oleh menurunnya beberapa jaringan di wajah terutama pada pipi dan bibir sehingga mengakibatkan wajah menjadi asimetris, bicara kurang jelas dan susah memasukkan makanan. Atau kadang bisa juga ditandai dengan tidak berfungsinya sebagian anggota tubuh, sehingga sebagian anggota tubuh tersebut tidak bisa digerakkan.

Penyakit stroke ringan semacam ini masih mungkin disembuhkan kembali dengan pengobatan terapi ( pengurutan ) dan juga dengan obat obatan herbal yang dilakukan secara teratur. Penderita stroke ringan ini juga bisa melakukan terapi sendiri dengan bantuan air hangat dengan pengurutan secara perlahan. Hal ini bertujuan untuk membantu memperlancar peredaran darah. Biasanya para ahli terapi juga memberikan beberapa cara terapi di rumah sendiri ini di samping pada waktu waktu tertentu melakukan terapi stroke pada ahlinya.

pengobatan penyakit stroke

Loading...

Untuk mempercepat penyembuhan penyakit stroke dibutuhkan perawatan penyakit stroke yang benar dan tepat, selain pengobatan secara medis maupun dengan sistem pengobatan herbal, maka tentu saja anda juga harus melakukan pantangan makan terhadap beberapa jenis makanan tertentu. Tanpa berpantang makan maka pengobatan anda akan menjadi sia sia bahkan bisa saja penyakit stroke anda justru akan bertambah parah. Lantas jenis makanan apa saja yang harus dijauhi oleh penderita stroke.

Jenis makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita stroke

  • Berbagai makanan dengan kadar kolesterol tinggi, seperti : kuning telur, kaviar, jeroan, mentega, udang, kerang, lobster, makanan cepat saji, minyak ikan, keju, daging merah, maupun berbagai macam jenis gorengan.
  • Meskipun tidak dilarang, namun para penderita stroke sebaiknya mengurangi penggunaan garam dapur.
  • Hindari segala jenis makanan hasil produksi ( makanan instan ) dan juga makanan dalam kaleng.
  • Hindari penggunaan gula secara berlebihan.
  • Alkohol dan segala jenis makanan yang mengandung pengawet.

Tips singkat cara terapi penyakit stroke ringan

Pada hakekatnya penyakit stroke dibedakan menjadi 3 golongan menurut tingkat keparahan yang ditimbulkannya. Sehingga anda mesti paham seberapa parah gejala stroke yang ditimbulkannya. Pada banyak kasus serangan stroke ringan masih bisa disembuhkan dan kembali normal seperti sedia kala. Meskipun tidak bisa benar benar sembuh seratus persen. Berikut tingkat stadium penyakit stroke

Penyakit Stroke iskemik : Terjadi akibat terjadinya pembekuan darah pada aliran darah yang menuju ke otak. Penyebab utama biasanya disebabkan oleh timbunan lemak pada aliran darah menuju otak, sehingga berakibat pada kurangnya suplay darah bersih menuju otak. Para pakar berpendapat bahwa timbunan gumpalan lemak bukan terjadi di aliran otak, namun akibat terbawa oleh aliran darah yang menuju otak. Sehingga bisa jadi ada gumpalan lemak di daerah jantung dan terbawa oleh aliran darah yang menuju ke otak. Seperti diketahui bahwa pembuluh di otak sangat kecil dan sempit, sehingga sangat mudah tersumbat.

Penyakit Stroke hemoragik : Terjadi akibat adanya pembuluh darah pecah di otak. Kasus pembuluh darah pecah ini yang sering kita dangar kasusnya. Nah akibat ada darah berceceran inilah yang pada akhirnya berpengaruh pada fungsi sistem saraf di otak. Inilah yang mengakibatkan penyakit stroke pada umumnya. Penderita biasanya akan mengalami koma atau kematian.

Penyakit stroke ringan : Terjadi akibat terjadinya penyumbatan aliran pembuluh darah di otak. Namun tidak benar benar terjadi sumbatan yang parah. Sehingga sistem saraf masih bisa bekerja namun tidak maksimal. Gejala yang ditimbulkannya biasanya seperti mati separo, kulit muka turun sebagian, anggota tubuh kesemutan secara permanen, dan lainnya.

Nah bagi anda yang mengalami gejala stroke ringan seperti bibir merot dan gejala ringan stroke lainnya. masih harapan untuk sembuh total meskipun tidak bisa kembali sempurna seperti semula. Selain melakukan pengobatan medis resmi ( dokter saraf ). Ada baiknya juga anda melakukan terapi fisik sendiri untuk mempercepat penyembuhan akibat stroke. Beberapa latihan ringan bisa anda lakukan secara teratr di rumah, seperti :

  • Latihan tentunya tergantung dari akibat yang ditimbulkannya. Contohnya jika daerah wajah yang terkena, maka anda perlu melakukan gerakan gerakan seperti menggerakkan bibir, mata, pipi, rahang, dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah di daerah tersebut. Sebagaimana diketahui bawah akibat stroke maka otot menjadi kaku dan sulit digerakkan. Dengan melakukan latihan pagi dan sore maka peredaran darah akan kembali normal. Namun sebelum melakukan gerakan gerakan ringan anda perlu mengoleskan krim untuk membantu pelemasan.
  • Perlu kiranya untuk berpantang makanan, seperti : daging merah, jeroan, kurangi garam, dan juga aneka gorengan harus anda jauhi.
  • Akan lebih bagus lagi jika anda beralih ke konsumsi makanan herbal. Saat sekarang sudah banyak berdiri paket paket herbal khusus.

Meskipun pada hakekatnya serangan stroke terjadi setiap saat, namun sebenarnya ada beberapa penyebab utama penyakit stroke, namun demikian sebagian besar penderita stroke ini tidak menyadari atau bahkan tidak mengetahui mengapa mereka menderita stroke. Pada hakekatnya ada beberapa tipe atau jenis penyakit stroke yang termasuk dalam penyakit usia lanjut, namun jika diteliti penyebabnya, maka ada dua penyebab utama penyakit stroke ini, yakni adanya penyumbatan aliran darah di otak baik di jaringan otak kanan atau yang kiri dan lainnya karena adanya pembuluh darah di otak yang pecah. Tentang hal ini sudah admin bahas secara detil dan menyeluruh di penyebab utama penyakit stroke

Loading...

Leave a Reply