Home - KECANTIKAN - Waspada terhadap bahan merkuri dalam kosmetik anda

Waspada terhadap bahan merkuri dalam kosmetik anda

Sebelum membahas bahaya bahan merkuri yang terkandung dalam produk kosmetik. Sebaiknya mempelajari dahulu apa sebenarnya merkuri itu. Kita mungkin masih asing dengan kata merkuri. Merkuri biasa disebut dengan air raksa yaitu cairan logam perak. Jika tercampur dalam kosmetik maka akan sangat berbahaya terhadap kesehatan kulit anda. Dengan demikian anda seharusnya lebih waspada saat membeli produk pemutih badan yang sebagian besar mengandung zat merkuri.

Dengan demikian maka pastikan bahwa merk kosmetik yang anda gunakan saat ini tidak sedikitpun mengandung bahan merkuri. Memang dalam pemakaian tahap permulaan, seakan kandungan merkuri dalam kosmetik ini sangat bermanfaat terutama pada kosmetik yang berfingsi sebagai pemutih, namun jika pemakaian berlanjut akan menimbulkan keracunan di bawah kulit.

Produk kosmetik yang paling banyak ditemukan mengandung merkuri adalah kosmetik untuk pemutih wajah. Sebagian besar wanita sangat bangga dengan produk pemutih kulit wajah yang mereka pergunakan, karena dalam waktu singkat dapat merubah kulit wajahnya menjadi putih. Padahal sebenarnya produk yang mereka pakai sangat berbahaya untuk pemakaian jangka panjang dan dapat menimbulkan penyakit kanker kulit, mengapa demikian?

Warna kulit dipengaruhi oleh banyak sedikitnya pigmen (melanin), sehingga semakin tinggi melanin dalam kulit, maka semakin gelap warna kulit seseorang. Lapisan melanin dalam kulit sebenarnya berfungsi untuk melindungi lapisan kulit. Sehingga sebenarnya semakin gelap warna kulit justru semakin kuat terhadap serangan dari luar terutama dari pancaran sinar matahari.

Zat merkuri dapat menghambat pembentukan tirosin yang bertugas menghasilkan melanin, karena merkuri menghambat kerja enzim trikinase. Sehingga jika kosmetik yang mengandung merkuri dioleskan pada kulit anda, maka secara otomatis akan menghambat pembentukan melanin ( zat warna kulit ), karena kandungan melanin berkurang, maka akibatnya tampilan kulit menjadi semakin putih. Hal inilah yang menyebabkan sebagian besar produk pemutih kulit masih tetap memasukkan zat merkuri dalam produk mereka.

merkuri dalam kosmetik

Namun seberapa besar bahaya merkuri terhadap kulit wajah anda. Bahaya merkuri lebih besar dari pada manfaatnya. Berikut dampak yang ditimbulkan zat merkuri terhadap kulit wajah anda :

  1. Zat merkuri akan tersimpan di dalam jaringan kulit wajah dan menjadi endapan berbahaya seiring dengan pemakaian kosmetik. Pelajari cara memilih warna bedak.
  2. Karena merkuri dapat mempengaruhi pembentukan zat melanin, maka setelah bertahun tahun akan merusak komposisi jaringan kulit anda. Hal ini akan berakibat membusuknya jaringan di bawah kulit. Kulit akan berubah menjadi biru kehitaman dan kemungkinan akan memicu timbulnya kanker kulit. berikut cara menjaga kesehatan kulit tubuh anda.
  3. Jika merkuri sudah menyebar kejaringan tubuh yang lain dikawatirkan akan mempengaruhi pertumbuhan janin anda.

Melihat seberapa besarnya bahaya pemakaian kosmetik yang mengandung bahan merkuri, maka sudah selayaknya anda lebih waspada dalam memilih produk kosmetik terutama produk pemutih kulit wajah.

Sebagai masukan dan saran ketika anda membeli produk kosmetik, maka sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Pilih produk kosmetik yang berbahan dasar alami dan mencantumkan bahan bahan pembuat kosmetik tersebut.
  • Pilih merek kosmetik yang telah lulus uji BPOM
  • Jangan membeli produk kosmetik yang tidak mencantumkan label secara jelas dan samar samar.

Produk kosmetik yang mengandung bahan merkuri mempunyai ciri ciri khusus, seperti :

  • Tampilannya lengket
  • Bahan merkuri sebenarnya tidak dapat bercampur dengan baik, sehingga produk kosmetik yang mengandung merkuri relatif kasar ( butiran halus )
  • Panas ketika diterapkan
  • Sesuai dengan sifatnya, maka tampilan kosmetik cenderung mengkilap.
  • Menimbulkan gatal gatal dan iritasi
loading...

Leave a Reply