Home - PERJALANAN - Tingkatkan kewaspadaan mengemudi mobil saat hujan lebat

Tingkatkan kewaspadaan mengemudi mobil saat hujan lebat

Cara mengemudi saat hujan berbeda dengan ketika mengemudi pada siang hari maupun waktu malam hari. Ketika anda harus mengemudi mobil di tengah hujan lebat maka tingkatkan kewaspadaan anda, lebih lebih hujan pada malam hari. Namun kami lebih menyarankan untuk menghentikan mobil anda dan tunggu hingga hujan reda.

Tanpa dibekali oleh perlengkapan kendaraan yang lengkap maka sangat berbahaya berkendara pada hujan malam hari. Padahal pada umumnya sebagian besar produk mobil di indonesia tidak dipersiapkan untuk berkendara di tengah hujan lebat. Bahkan saat hujan biasa saja kita sudah kebingungan apalagi jika mobil yang kita kemudikan tidak dilengkapi oleh sistem AC mobil yang bagus.

Dengan demikian sudah saatnya para produsen mobil tanah air nasional indonesia memikirkan hal ini demi keselamatan konsumen mereka. Himbauan ini cukup beralasan mengingat Indonesia merupakan negara yang mengalami dua musim yakni musim kemarau dan penghujan.

Sebagaimana diketahui bahwa penglihatan seorang pengemudi sangat terganggu saat berkendaraan saat hujan malam hari. Meskipun mobil mempunyai headlamp dengan cahaya lampu cukup bagus, namun tidak berarti sama sekali saat melintasi jalan basah.

Bahkan saat hujan anda tidak dapat mempergunakan kaca spion kanan dan kiri karena tertutup embun. Keadaan demikian tentu sangat berbahaya karena pandangan anda terhalang. Bahkan anda tidak dapat mengetahui keadaan sekitar mobil. Hanya pandangan depan saja yang masih dapat terlihat dengan jelas. Namun jika pada malam hari maka pandangan depan mobilpun juga tidak maksimal.

berkendara saat hujan

 

Dengan demikian sudah saatnya anda sebagai pemilik mobil memodifikasi sedikit kendaraan anda, sehingga lebih nyaman dan aman meskipun harus berkendara saat hujan pada malam hari. Dengan perlengkapan berkendara saat hujan akan dapat meningkatkan faktor keamanan anda sendiri tentunya.

Lantas apa saja yang sebaiknya harus di tambah atau dimodifikasi. Penambahan ini juga berguna saat anda berkendara di pegunungan yang berkabut tebal. Berikut modifikasi dan penambahan seperlunya pada mobil anda, seperti :

  • Dilengkapi dengan lampu kabut.
  • Sistem AC ditingkatkan. AC berguna untuk menghilangkan embun yang terjebak di dalam kabin mobil.
  • Sebaiknya anda memilih mobil yang dilengkapi oleh wiper bagian kaca belakang.

Namun demikian meskipun mobil anda telah dipersiapkan untuk menghadapi hujan lebat pada malam hari. Anda juga sebaiknya memikirkan pengemudi lainnya, sehingga saat hujan lebat disarankan untuk menyalakan lampu hazard. Hal ini untuk memberikan penglihatan lebih baik bagi pengendara lain.

Tetapi jika anda ragu dengan kondisi penglihatan saat hujan lebat, maka lebih baik anda berhenti sejenak dan istirahat hingga hujan reda. Hal ini tentu lebih baik dan lebih aman. Sebab keselamatan dan keamanan maupun kenyamanan saat berkendara merupakan hal paling penting yang harus diprioritaskan. Belum mahir mengemudi yuk belajar mengemudi mobil dengan cepat.

loading...

Leave a Reply