Home - RESEP MASAKAN - Resep masakan rendang daging dan cara memasak rendang

Resep masakan rendang daging dan cara memasak rendang

Anda mencari resep masakan untuk memasak rendang daging yang enak dan empuk. Banyak resep daging rendang namun setelah dimakan ternyata dagingnya masih keras dan alot. Masakan rendang daging seharusnya selain enak juga dagingnya mudah dicerna dan tidak alot ( empuk ). Bagaimana sih cara memasak rendang daging supaya harum, enak, dan empuk, berikut tipsnya. Untuk menghasilkan daging rendang yang empuk tentu ada caranya tersendiri dan asal tahu aja bahwa hanya beberapa tukang masak saja yang paham betul bagaimana caranya supaya daging empuk dan meresap. Perlu diketahui bahwa yang namanya rendang tentunya tidak berkuah namun ada sedikit kuah kental sehingga memerlukan cara memasak tersendiri.

Resep rendang daging sapi dengan kuah kering ini cukup nikmat dan lezat, sehingga banyak peminatnya. Meskipun demkian pada kenyataannya masih ada beberapa ibu ibu muda atau bahkan remaja putri yang masih sering menemui kegagalan karena ternyata daging rendangnya kurang empuk dan masih alot, padahal semua petunjuknya sudah benar. Biasanya sih kebanyakan ibu ibu yang suka masak rendang suka diberi tambahan obat sakit kepala ( bodre ), namun demikian tentu kurang tepat, karena hal ini hanya jalan pintas saja.

Rendang daging sapi ini biasanya merupakan jenis masakan yang cukup enak, gurih, dan lezat serta tidak pedas. Namun demikian jika anda lebih suka cita rasa rendang daging pedas juga tidak terlalu sulit. Resep rendang daging sapi pedas sama saja dengan resep rendang pada umumnya, hanya saja anda perlu menambahkan beberapa buah cabe rawit merah pada bumbu halusnya. Bisa dibilang bahwa bumbu rendang daging sapi cukup sederhana, karena hanya menggunakan bahan bahan dapur yang biasa anda pakai untuk memasak, seperti : bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan bahan bumbu dapur lainnya.

Cara membuat rendang daging empuk ada beberapa cara. Untuk menghasilkan daging yang empuk sebenarnya terletak pda penggunaan garam. Saya sarankan penggunaan garam dapur pada sesi terakhir, yakni setelah daging empuk dan lembut. Kandungan garam ini dapat menghambat proses pelunakan daging. Dengan demikian anda mempunyai banyak pilihan untuk membuat daging rendang dengan bumbu meresap.  Bahkan bagi masyarakat sunda juga suka membuat rendang jengkol.

Resep daging rendang ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan resep rendang daging pada umumnya, namun yang membedakan bahwa masakan rendang daging olahan saelekko.com adalah tampilan daging yang empuk dengan rasa meresap sehingga berbeda dari resep daging rendang yang lain. Tidak usah lama lama yuk kita siapkan bareng bareng.

Resep rendang daging

resep rendang daging

Bahan : Daging sapi 1/2 kg. Sebaiknya anda memilih daging sapi kualitas bagus yakni bagian paha atas.

Loading...

Bumbu bumbu :

loading...
  • Buah kelapa tua : 1 butir diparut dan di buat santan.
  • Bawang putih : 6 siung ukuran sedang ( jangan terlalu kecil ).
  • Bawang merah : 3 siung saja
  • Jahe : ukuran sedang ( ujung ibu jari )
  • Lengkuas : ukuran sedang ( ujung ibu jari )
  • Cabe merah keriting : 100 gram ( suka suka )
  • Bahan lain : kunyit ukuran kecil ( jari telunjuk ) dan daun jeruk ( 2 hingga 3 lembar )

Persiapan memasak rendang daging sapi

  • Potong daging ukuran dadu gepeng besarnya sesuai selera. Perlu di ingat untuk menghasilkan rendang yang empuk maka buang bagian daging yang warna putih, sehingga hanya daging warna merah saja yang akan di masak.
  • Buat santan sekitar 1 liter ( 1 buah kelapa tua ).
  • Haluskan bumbu bumbu : bawang putih, bawang merah, cabe merah, jahe, lengkuas, kunyit, daun jeruk, dan lainnya ( tanpa garam ).

Cara memasak rendang daging

  • Nyalakan kompor dan sangrai bumbu dengan sedikit minyak goreng hingga harum dan angkat. Sebaiknya gunakan wajan ukuran kecil saja.
  • Rebus air di atas wajan ukuran sedang ( disesuaikan dengan bahan daging yang di masak ) tunggu hingga mendidih dan masukkan potongan daging. Gunakan air secukupnya dan usahakan jangan di tambah saat merebus daging sapi rendang.
  • Tunggu hingga daging empuk namun jangan sampai air kering.
  • Masukkan santan dan bumbu bersamaan dan ingat kecilkan nyala api kompor anda.
  • Setelah air mulai berkurang masukkan garam sedikit demi sedikit sambil menyesuaikan rasa sesuai selera anda.
  • Selama proses pematangan rendang ini sebaiknya jangan ditinggal masakan rendang anda dan aduk aduk perlahan untuk menjaga air santan tidak pecah.
  • Setelah bumbu meresap dan air tinggal sedikit angkat dan siap dihidangkan.

Apa rahasia memasak daging sapi dan daging kambing supaya empuk. Sebenarnya cukup mudah yakni jangan memasukkan garam sebelum daging matang. Ada kalany aperlu juga mengkonsumsi aneka jenis masakan dengan bahan bahan yang berbeda, sehingga tidak cepat bosan. Pelajari juga membuat tempe goreng renyah dan gurih.

Resep masakan rendang daging sapi ini memang tidak menggunakan cabe atau merica supaya putra dan putri balita anda dapat ikut menikmatinya. Ada beberapa resep rendang yang cukup diminati juga seperti jengkol, meskipun malu malu namun banyak yang suka. Yuk bikin masakan rendang jengkol. Ada pertanyaan silahkan kirim komentar!

Leave a Reply