Home - RESEP MASAKAN - Resep kue donat dan cara membuat kue donat empuk

Resep kue donat dan cara membuat kue donat empuk

Saat membuat kue donat kadang kurang ngembang. Berikut cara membuat kue donat sehingga bisa berkembang sempurna. Kue donat merupakan makanan khas indonesia. Sebenarnya cukup mudah membuat kue donat ini. Inilah rahasia resep kue donat sehingga rasanya enak dan juga empuk karena dapat mengembang dengan baik.

Resep kue donat sebenarnya cukup sederhana, namun karena kurang pengalaman sehingga meskipun sudah beberapa kali membuat kue donat namun masih sering kurang ini dan itu. Dan yang paling sering karena adonan kue donat kurang ngembang. Ayo sahabat memasak sekalian, disini admin tunjukkan sedikit rahasia cara membuat donat enak dan empuk. Saya percaya kali ini sahabat semua pasti berhasil dengan sempurna.

Sebenarnya banyak sekali macam dan jenis dari kue donat, namun pada dasarnya cara pembuatannya sama. Jika ada perbedaaan biasanya pada tambahan dan rasanya saja, seperti kue donat keju, donat kacang ijo, donat kacang, donat coklat, dan lain sebagainya. Karena taburan berbagai jenis taburan diatasnya donat itulah maka rasanya sedikit berbeda. Tetapi rasa donatnya sendiri relatif sama.

Kue donat sebenarnya merupakan makanan khas bangsa kita, namun seiring dengan perjalanan waktu maka kue donat telah berkembang hingga ke dunia internasional meskipun cita rasa dan namanya berbeda, seperti kalau di amerika dinamakan sebagai dunkin donuts. Namun pada dasarnya cara pembuatannya sama.

Kesederhanaan bahan dasar pembuat kue donat inilah yang membuat sebagian besar masyarakat kita mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah, namun sekali lagi ada saja hal hal yang diluar dugaan seperti saat di goreng ternyata adonan tidak berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Sebelum para sahabat akan membuat kue donat, maka sebaiknya belajar dulu fungsi dan kegunaan tiap bahan pembuat kue donat ini.

resep kue donat

 

Tepung terigu : Bahan utama kue donat adalah tepung terigu. Jadi gunakan tepung terigu kualitas bagus. Tepung terigu kualitas jelek dan mempunyai tampilan agak gelap tidak bagus sebagai bahan untuk membuat kue donat. Saya sarankan gunakan tepung terigu kualitas bagus. Tepung tepung terigu merk cakra kembar cukup bagus untuk bahan dasar kue donat. Kalau para sahabat memasak mempunyai merk lain silahkan saja.

Mentega : Penggunaan mentega merupakan syarat mutlak. Mentega juga berfungsi sebagai bahan perekat, sehingga jika kurang mentega maka adonan kue sangat susah dibentuk. Namun demikian jika terlalu banyak mentega juga dapat menghalangi berkembangnya adonat donat.

Fermipan : Para sahabat biasa menyebut sebagai farnipan atau parnifan padahal nama sebenarnya adalah “Fermipan“. Fermipan sebenarnya merupakan merk dari soda kue ata semacam ragi instan. Karena merk ini sering digunakan sehingga terkesan soda kue adalah fermipan.

Telor : Untuk membantu perekatan adonan dan penambah cita rasa.

Mudah bukan bahan bahan pembuat kue donat ini, yuk kita siapkan bahan bahannya. Pada resep kali ini saya menggunakan takaran yang mudah supaya lebih mudah saja. Namun para sahabat dapat menyesuaikan nantinya.

Bahan bahan :

  • Tepung terigu : 1 kg.
  • Mentega : 1/4 kg.
  • Fermipan : 1 sendok makan.
  • Telor : 1 butir.
  • Kentang : 2 ons hingga 1/4 kg.
  • Minyak goreng : secukupnya.
  • Susu kental manis : bisa pakai atau enggak.
  • Gula pasir : 1 ons.
  • Air : lebih bagus air dingin secukupnya.
  • Garam : secukupnya.

Setelah bahan bahan telah siap semua, maka yuk kita mulai membuat adonan donat.

  • Ambil sebuah wadah yang cukup sehingga nantinya dapat untuk membuat seluruh adonan. Disarankan menggunakan wadah dari plastik.
  • Masukkan telor, gula, mentega, fermipan, susu kental, dan tambah sedikit garam ( ujung sendok teh ) lalu aduk hingga rata. Untuk mempercepat proses pengadukan anda dapat menggunakan mixer sebentar. Penggunaan mixer tidak mutlak hanya untuk mempercepat saja.
  • Jika anda ingin menggunakan kentang, maka kentang di rebus dulu dan nantinya dicampurkan kedalam adonan.
  • Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil tambahkan juga air dingin untuk membantu pengadukan. Aduk terus dengan jari tangan anda sambil diremas remas supaya benar benar menyatu dan rata.
  • Penting untuk di ingat bahwa adukan tidak boleh terlalu kering dan juga terlalu lembek, jadi ya cukuplah. Lantas bagaimana adonan yang paling bagus. Anda dapat menusukkan ujung jari kedalam adonan dan saat jari anda masuk, maka adonan tidak boleh buyar, adonan harus tetap menyatu.
  • Saat remasan tangan anda berhenti dan adonan sedikit mengembang ( kenyal ), berarti siap untuk dicetak dan di goreng.
  • Cetakan adonan donat biasanya bundar dengan lobang di tengah. Anda dapat membeli cetakan donat di warung, banyak lho yang menjual cetakan donat ini.
  • Bagaimana cara mencetak donat. Gampang kok, pertama ambil sedikit adonan dan buat bentuk bulat kemudian taruh di nampan lalu pencet sedikit dan gencet dengan cetakan. Ambil sisa cetakan di tengahnya ya.

Cara menggoreng kue donat.

  • Gunakan minyak goreng secukupnya. Minyak goreng terlalu sedikit tidak dapat menghasilkan kualitas gorengan yang bagus.
  • Inilah hal yang paling penting dalam membuat kue donat. Kapan sebaiknya mulai menggoreng adonan yang sudah dicetak bulat bulat ini.
  • Tunggu hingga adonan berkembang sempurna lalu goreng dalam minyak panas. Awas jangan gosong, asal udah mulai berwarna coklat berarti udah matang tuh donat.
  • Jika adonan belum berkembang lalu anda goreng maka donat tidak akan berkembang saat digoreng. Demikian juga jika anda menggoreng adonan donat melewati ngembang sempurna, maka kue donat anda juga kempes.

Penyajian kue donat

Setelah selesai digoreng maka olesi kue donat anda dengan mentega dan taburkan gula pasir lembut. Atau anda dapat menambahkan meises (meses atau coklat butir ), atau dengan taburan butiran kacang dan lain lain. Jika sahabat mempunyai pertanyaan silahkan mengisi daftar komentar di bawah.

loading...

2 comments

  1. Apakah membuat donat harus diwadah plastik

  2. Sebenarnya tidak harus menggunakan wadah plastik, namun wadah plastik saya pilih karena tidak lengket

Leave a Reply