Home - RESEP MASAKAN - Petunjuk lengkap cara memilih ikan segar

Petunjuk lengkap cara memilih ikan segar

Ikan segar selain lebih sehat juga lebih enak rasanya. Bagaimana cara memilih ikan. Inilah petunjuk paling lengkap tentang cara memilih ikan segar. Sebagaimana diketahui bahwa ikan segar lebih bergizi dari pada ikan beku maupun ikan fillet. Dengan mengkonsumsi ikan segar maka kebutuhan nutrisi tubuh anda akan terpenuhi. Secara umum ikan banyak mengandung omega 3, meskipun kandungan omega 3 ikan laut lebih tinggi dari pada ikan air tawar.

Namun untuk jenis masakan sehari hari, tentunya bunda lebih sering mengkonsumsi ikan air tawar, seperti ikan bawal, ikan mujai, ikan mas, ikan gurame, dan lainnya. Khusus untuk bakar bakaran, tentunya ikan mas bakar lebih lezat dari pada jenis yang lainnya.

Indonesia merupakan salah satu negara didunia yang mempunyai hasil ikan paling berlimpah. Itulah sebabnya harga ikan pada umumnya murah murah. Meskipun demikian kadang kala kita masih sering menemukan ikan yang berkualitas rendah. Bahkan masih ada saja yang keracunan jenis ikan tertentu. Beberapa jenis ikan yang kadang bermasalah, seperti : ikan bandeng dan ikan tongkol yang biasanya bau tanah. Khusus untuk ikan tongkol masih saja ada yang pusing kepala saat memakannya, termasuk admin, he he he.

Saat masih dalam masa pertumbuhan mengkonsumsi ikan secara teratur justru sangat dianjurkan. Bahkan ikan nila selain kaya kandungan omega 3 juga mengandung omega 6 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Nah bagi kita ikan kembung juga sudah lumayan nikmat, dimasak dengan digoreng ataupun ikan kembung bakar sama enaknya. Namun demikian tentunya kualitas ikan yang bunda masak sangat menentukan enak tidaknya hasil masakan bunda. Untuk itu memilih ikan segar atau yang berkualitas bagus tentu sangat penting.

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tips cara memilih ikan berkualitas bagus sehingga memberikan manfaat kesehatan dan untuk menghindari bakteri yang terkandung dalam ikan berkualitas rendah. Sebagaimana diketahui bahwa ikan bisa mendatangkan bau amis yang luar biasa jika telah melampui masa kesegarannya. Dan apabila jenis ikan yang demikian anda masak, tentunya bisa mendatangkan keracunan.

Cara memilih ikan yang fresh dan segar sebenarnya cukup mudah, hanya dengan melihat tampilan dan memegangnya, maka anda sudah mampu mengetahui kualitas ikan, baik itu ikan laut maupun ikan tawar. Yuk baca petunjuk cara memilih ikan yang baik.

cara memilih ikan segar

Loading...

Saat bunda, sis, maupun remaja putri berencana untuk membuat masakan dengan bahan utama ikan, maka pastikan mendapatkan ikan segar dan berkualitas, sehingga hasil masakan anda lebh enak dan juga kaya gizi dan nutrisi. Ikan segar banyak di jual dipasar pasar tradisional maupun pasar modern. Saya sarankan untuk mendatangi pedagang yang khusus menjual ikan, sebab disana cukup banyak ikan ikan segar yang siap dikonsumsi. Sebab ada pula penjual sayuran yang menjual juga ikan, yang ini sebaiknya dihindari. Inilah cara mudah memilih ikan laut maupun ikan air tawar :

loading...
  • Sebelum anda memegangnya, coba perhatikan sisik sisk ikan. Ikan segar dan fres mempunyai tampilan sisik yang masih lengkap, mengkilap, dan tidak mudah terlepas. Demikian juga sirip ikannya masih kuat.
  • Perhatikan juga matanya, mata ikan segar masih cemerlang, sedikit menonjol dan juga bersinar ( bercahaya ).
  • Setelah anda yakin, coba sekarang tekan tekan beberapa kali. Ikan segar sangat elastis, sehingga saat anda melepaskan tekanan, maka langsung kembali seperti semula.
  • Selanjutnya anda coba angkat dan pegang, ikan segar masih kaku dan tidak lemas.
  • Terakhir yakni saat anda mengeluarkan isi perutnya, insang ikan dapat memberikan arti apakah ikan tersebut masih layak dikonsumsi, beracun, atau sudah mulai membusuk. Insang seharusnya berwarna merah darah.

Nah jika anda mendapatkan salah satu kekurangan dari ciri ikan segar di atas, tentunya lebih disarankan untuk memilih yang lainnya. Tentu jika tidak mau ambil resiko, maka belilah ikan yang masih hidup, khususnya ikan air tawar. Saat ini di pasar pasar tradisional cukup banyak penjual ikan masakan yang masih hidup. Semoga bermanfaat, baca juga cara membuat udang goreng tepung yang renyah dan krispi.

Leave a Reply