Home - KESEHATAN - Penyebab utama penyakit asam urat

Penyebab utama penyakit asam urat

advertisements

Apa saja penyebab utama penyakit asam urat. Penyakit asam urat biasanya mulai diderita oleh mereka yang berusia lanjut, paling tidak mulai usia 40 tahun tubuh mulai rentan terhadap berbagai macam penyakit, salah satunya yakni penyakit asam urat. Dengan demikian sebaiknya anda mulai menjaga dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Hal yang perlu digaris bawahi adalah bahwa semakin mendekati usia senja / tua, maka biasanya mulai malas bekerja atau mulai berkurang segala aktivitas seseorang, terutama yang berkaitan dengan olah tubuh, sehingga pembakaran tubuh semakin berkurang dan tidak terkontrol. Sehingga mulai biasakan dengan pola hidup sehat yang teratur.

Namun di sisi lain, terutama asupan makanan juga tidak terkontrol, sehingga akibatnya banyak zat zat racun dalam tubuh tidak terbuang dengan sempurna, dan salah satunya adalah zat purin sang biang keladi penyakit asam urat. Saat masih muda dan energik, semua racun tubuh ( hasil metabolisme ) terbuang dengan sempurna, baik itu melalui air seni, tinja, atau yang keluar melalui keringat. Setelah usia bertambah tua dan semakin malas bergerak, maka tentunya pembuangan racun tubuh juga semakin sedikit dan akibatnya sudah dapat diduga yaitu menumpuk dalam tubuh.

Dengan demikian meskipun usia semakin tua dan tenaga semakin lemah, ada baiknya tetap melakukan aktivitas sebagaimana biasanya. Meskipun anda sudah tidak pergi kekantor, tetap bisa lho melakukan aktivitas sendiri di rumah atau cari obyekan kecil kecilan, sehingga olah tubuh tetap terjaga dengan baik. Seperti diketahui bahwa olah tubuh bukan hanya olah raga saja, melainkan juga naik sepeda, jalan ke pasar, merapikan rumah, dan lainnya. Pendek kata tubuh kita selalu bergerak. hal ini cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Dan di sisi lain menjaga asupan makanan dan tetap dalam kontrol yang baik. Meskipun usia sudah mulai senja, bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi makanan ini dan itu, namun sebaiknya sesuaikan dengan pembakaran tubuh anda. Jangan sampai terjadi pemasukan lebih besar dari pada pengeluaran, kalau yang terjadi demikian, maka semakin banyak penumpukan dalam tubuh. Dan hal ini sangat rentan terhadap penyakit.

Penyakit asam urat terjadi karena penumpukan zat purin. Dalam keadaan normal sebenarnya zat purin sangat diperlukan oleh tubuh. Tanpa adanya purin maka tubuh kita juga kehilangan segala galanya, purin juga sangat diperlukan dalam metabolisme tubuh. itulah sebabnya saat masih dalam masa pertumbuhan ( anak anak ) disarankan untuk mengkonsumsi bahan bahan makanan yang mengandung purin tinggi, seperti : ikan laut, daging merah, bayam, dan lainnya.

penyebab asam urat

Penyakit asam urat timbul karena adanya kerusakan zat purin. Lantas sekarang yang jadi pertanyaan adalah apa penyebab kerusakan zat purin?. Seperti diketahui bahwa purin berguna untuk metabolisme tubuh dan semuanya harus melalui ginjal, karena zat purin ada dalam sistem darah kita. Pelajari gejala awal penyakit gagal ginjal.

Jika suatu saat kerja ginjal terganggu, maka otomatis sistem metabolisme yang melalui ginjal juga terganggu dan termasuk zat purin ini. Sehingga akibatnya zat purin tidak diproses oleh ginjal. Dengan kata lain zat purin kembali ke sistem aliran darah. Hingga pada akhirnya terjadi kerusakan zat purin dan terjadi endapan. Sebagaimana biasanya yang namanya endapan biasanya ada disela sela. Nah jika dalam tubuh maka selah selah tulang inilah sebagai tempat endapan purin.

Endapan purin dalam jangka waktu lama akan mengkristal, itulah sebabnya penderita asam urat mengalami keluhan rasa sakit pada daerah sendi yang mana disitulah tempat yang paling mungkin terjadi endapan zat purin. Jadi asam urat adalah endapan zat purin yang mengkristal.

Untuk mengurangi keluhan rasa sakit pada penderita asam urat, tentunya menghindari bahan bahan makanan yang mengandung purin tinggi, seperti : otak, hati, jantung, ginjal, jeroan, ekstrak daging, daging kaldu, daging bebek, ikan sarden, dan kerang. Dan sebaiknya mengkonsumsi bahan bahan makanan yang mengandung purin rendah, seperti : nasi, ubi, singkong, jagung, roti, mie, bihun, kue kering, puding, susu, telur, keju, dan beberapa macam sayuran ( kecuali bayam, daun singkong, kangkung, daun mlinjo, biji mlinjo, sawi ).

Namun demikian tentunya asupan makanan anda harus disesuaikan dengan penyakit anda yang lain. Misalnya saja jika anda sedang menderita penyakit diabetes tentu tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi nasi putih. Demikian juga dengan penyakit lainnya. Pelajari juga cara pengobatan penyakit asam urat.

loading...

Leave a Reply