Home - KESEHATAN - Mengenali tanda tanda dan gejala awal penyakit demam berdarah

Mengenali tanda tanda dan gejala awal penyakit demam berdarah

Penyakit demam berdarah, Dengan mengenali tanda tanda demam berdarah maupun gejala awal penyakit demam berdarah, maka penderita penyakit panas tinggi akibat gigitan nyamuk aedes aegypti ini kemungkinan dapat diselamatkan. Hal ini sangat penting sebab jika sampai terlambat dibawa ke dokter, maka nyawa penderita penyakit yang lebih dikenal sebagai DBD ini akan sulit disembuhkan, apalagi kalau sudah sampai ketingkat akut. Waspada dan kenali gejala awal penyakit akibat gigitan nyamuk aedes aegypti.

Seperti diketahui bahwa virus DBD mempunyai masa inkubasi yang cukup lama yakni antara 4 hingga empat belas hari. Masa inkubasi adalah mulai masuknya kuman / bibit penyakit hingga menimbulkan gejala yang serius. Saat memasuki masa inkubasi ini penderita biasanya belum merasakan gejala gejala yang serius dan biasanya hanya merasakan kurang enak badan.

Namun demikian rentan waktu masa inkubasi tidak sama bagi setiap orang, hal ini tergantung dari tingkat kesehatan individu. Sehingga saat tubuh anda dalam kondisi lemah, bisa saja tiga hari sejak gigitan / masuknya virus DBD sudah merasakan gejala yang serius. Dengan demikian gejala gejala awal suatu penyakit tidak boleh dianggap ringan, apalagi kasus demam berdarah, saat suhu tubuh salah satu anggota keluarga anda menunjukkan peningkatan yang signifikan, sebaiknya cepatlah pergi ke dokter untuk pendeteksian lebih awal.

Tentu saja pengobatan lebih awal sangat lebih penting dari pada pengobatan setelah kuman penyakit sudah benar benar menyerang. Karena pada masa masa awal penyerangannya, kekuatan kuman penyakit belum maksimal. Pada kasus demam berdarah yang membawa sampai tingkat kematian, biasanya disebabkan lambannya pengobatan yang diterima oleh penderita DBD ini, mereka biasanya baru membawa ke dokter setelah penyakit menyerang atau mengganas.

Untuk antisipasi berkembangnya suatu penyakit ke arah yang lebih serius, dalam hal ini serangan kuman atau virus penyakit DBD, maka mengenali gejala awal penyakit demam berdarah ini menjadi sangat penting. Dengan mempelajari tanda tanda awal serangan penyakit demam berdarah, maka pengobatan awal tentunya lebih mudah dan lebih berhasil dari pada pengobatan setelah benar benar terjangkit.

gelaja awal penyakit demam berdarah

Deteksi penyakit demam berdarah sejak dini justru sangat penting, sebab selama ini kebanyakan keluarga pasien atau bahkan dokter belum mampu mendeteksi saat terjadinya gejala gejala awal demam berdarah. Hal demikian sangat beralasan, sebab gejala awal penyakit demam berdarah sangat mirip dengan gejala awal penyakit typus. Sehingga bagi dokter yang berpengalaman biasanya langsung memberikan rekomendasi untuk cek darah. Hal ini sangat penting untuk metode pengobatan selanjutnya.

Loading...

Untuk menambah wawasan dan mengingatkan kembali pentingnya mengetahui gejala awal serangan penyakit demam berdarah, maka berikut admin paparkan apa saja gejala awal dan tanda tanda penyakit demam berdarah pada umumnya. Seperti diketahui bahwa gejala awal penyakit demam berdarah ini mulai dapat dirasakan pasien saat telah melewati masa inkubasi penyakit ini.

loading...

Serangan penyakit demam berdarah sangat mudah dikenali yakni demam tinggi secara mendadak. Namun demikian hampir sebagian besar penyakit selalu menimbulkan demam. tapi demam pada pasien DBD berbeda dengan penyakit lainnya. Panas tubuh yang demikian tinggi, dan bahkan bisa mencapai 40ºc hingga 41ºc pada serangan awal ( hari pertama ). Sehingga pasien akan menggigil.

Pada hari berikutnya mulai timbul rasa nyeri disekujur tubuh ( sendi sendi, tulang ), dan bahkan juga disertai rasa sakit di kepala.

Keadaan terus berlanjut dan pasien biasanya akan mengalami kelemasan yang luar biasa. Kadang juga disertai rasa sakit di ulu hati. Itulah sebabnya keluarga pasien tertipu dengan keadaan ini , sehingga serangan virus DBD terus mengganas dan pengobatan menjadi terlambat.

Penting untuk diketahui bahwa hingga saat ini belum ada jenis obat obatan khusus untuk pengobatan penyakit demam berdarah, juga belum ditemukan vaksin untuk DBD. Pengobatan penyakit demam berdarah biasanya menitik beratkan pada penurunan demam tinggi pasien, penambahan cairan tubuh, dan istirahat total.

Bagi anda yang kebetulan mempunyai anggota keluarga yang mengalami demam tinggi secara mendadak, sebaiknya tetap waspada dan selalu antisipasi terhadap serangan virus demam berdarah. Apalagi saat pergantian musim dari musim penghujan ke musim kemarau. Pada saat demikian biasanya demam berdarah meraja lela. Meskipun pada saat saat lainnya bisa saja ditemukan kasus serupa.

Meskipun pendeteksian virus demam berdarah harus melalui laboraotium melalui cek darah pasien, namun pada serangan awal biasanya negatif ( virus belum terdeteksi ), sehingga dokter dan keluarga pasien sering terkecoh dalam hal ini. Langkah paling tepat adalah cek darah pada serangan memasuki hari ketiga ( setelah demam tinggi selama tiga hari ). Pada hari ke tiga sejak serangan awal inilah, virus demam berdarah dapat terdeteksi.

Kasus lainnya adalah, serangan demam berdarah salah diartikan sebagai penyakit lambung ( maag ), sehingga pasien mendapatkan pengobatan yang tidak tepat. Seperti diketahui bahwa penyakit maag tidak disertai dengan demam tinggi. Semoga bermanfaat! Baca juga gejala penyakit batu ginjal

Leave a Reply