Home - OTOMOTIF - Mengapa mobil anda memerlukan spooring dan balancing

Mengapa mobil anda memerlukan spooring dan balancing

Spooring dan balancing mobil anda perlu dilakukan secara teratur. Paling tidak setiap 10.000 kilometer mesti dilakukan pengecekan ulang. Ada tanda tanda khusus yang perlu anda pahami, sehingga mobil memerlukan spooring balancing ulang. Dengan demikian yuk kenali gejala gejala yang anda rasakan saat berkendara yang biasanya menjadi kurang nyaman. Perlu diketahui bahwa kenyamanan dalam berkendara akan terganggu jika kestabilan laju kendaraan sudah bergeser cukup jauh. Banyak pemilik kendaraan ragu untuk melakukan spooring dan balancing karena terbentur oleh dana tambahan yang harus dikeluarkan. Perlu diketahui bahwa harga atau biaya spooring dan balancing tidak mahal, bahkan bisa dibilang cukup murah.

Apa sih manfaat melakukan spooring dan balancing mobil anda. Perlu diketahui bahwa spooring dan balancing merupakan satu paket dalam perawatan mobil. jadi saat anda melakukan spooring mobil mesti harus juga melakukan balancing ban mobil anda. Karena keduanya berhubungan erat pada kenyamanan dan kestabilan laju mobil anda. Bagi pemilik mobil pemula tentunya kurang paham apa sih kegunaan melakukan balancing dan spooring pada mobil. Sehingga mereka hanya merasakan ketidaknyamanan saat mengemudikan mobil tanpa mengerti apa yang harus dilakukan. Untuk itu ada baiknya anda memahami dahulu apa itu spooring dan balancing mobil. Sehingga nantinya anda dapat melakukan perbaikan kendaraan dengan tepat.

Spooring mobil : Merupakan perbaikan mobil yang bertujuan untuk meluruskan kembali posisi ke empat roda kendaraan. Pada dasarnya ke empat roda harus diperbaiki atau diluruskan kembali. Namun karena roda belakang sudah memiliki kedudukan permanen. Maka biasanya pengerjaan difocuskan pada kedua roda bagian depan. Seperti diketahui bahwa roda depan berhubungan erat dengan setir mobil. Maka spooring mobil merupakan perbaikan secara menyeluruh antara roda kendaraan dan setir kendaraan karena masih dalam satu sistem penggerak kendaraan. Tentunya ada gejala khusus kapan sebaiknya mobil anda harus melakukan spooring kembali.

Balancing mobil : Perbaikan ini dikhususkan pada perataan putaran ke empat roda kendaraan. Pada keadaan normal saat mobil anda melaju dalam kecepatan tinggi, maka kenyamanan tetap akan terwujud. Namun karena ada yang tidak beres pada salah satu roda atau ke empat roda kendaraan, maka mobil anda akan terasa bergetar. Jika balanc roda semakin besar maka getaran kian terasa. Itulah salah satu ciri khusus bahwa mobil anda mesti dilakukan balancing ulang kembali. Biaya balancing ban mobil tidak mahal, bahkan cukup murah. Pendek kata jika ban mobil anda tidak rata yang diakibatkan oleh peleg yang penyok atau karena kembang ban yang rusak akan berpengaruh pada kenyamanan laju mobil anda.

Nah dengan memahami manfaat spooring dan balancing mobil seperti admin sebutkan di atas, maka setelah memahami tanda tanda khusus kapan spooring dan balancing mesti dilakukan pada mobil anda. Pada hakekatnya cara spooring dan balancing harus dilakukan dengan benar dan tidak boleh asal asalan. Dengan demikian bawalah kendaraan anda ke bengkel resmi. Atau bisa juga melakukan spooring dan balancing di bengkel besar. Untuk bisa mendapatkan hasil spooring balancing sempurna mesti menggunakan peralatan canggih dengan dukungan sistem komputer. Lantas apa gejala dan tanda tanda kapan sebaiknya melakukan spooring dan balancing.

Tanda tanda khusus mobil harus melakukan spooring dan balancing

spooring dan balancing

Loading...

>> Pada posisi setir lurus, maka laju mobil belok ke kiri atau ke kanan
>> Setir mobil terasa berat saat digerakkan, sehingga setir mobil susah dikendalikan
>> Setir mobil bergetar saat melalui jalanan rata, semakin laju mobil kencang maka getaran semakin terasa mengganggu
>> Saat berbelok di tikungan maka setir mobil tidak bisa kembali ke titik lurus
>> Ban belakang tidak sejajar lurus dengan roda bagian depan

Nah jika mobil anda mengalami paling tidak salah satu gejala gejala di atas, maka sebaiknya cepat melakukan spooring sekaligus balancing pada mobil anda. Lantas berapa biaya yang harus anda bayarkan untuk melakukan spooring dan balancing. Biaya spooring mobil dipatok antara 150 ribu hingga 200 ribu rupiah tergantung dari bengkel yang anda ambil. Sedangkan untuk balancing relatif lebih murah. Harga balancing biasanya di hitung per ban. Untuk tiap rodanya dipatok biayanya hanya sekitar 25.000. Lihat juga harga velg mobil

Loading...