Home - KESEHATAN - Inilah manfaat sinar matahari untuk kesehatan

Inilah manfaat sinar matahari untuk kesehatan

Pancaran sinar matahari sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan anda, namun disisi lain ternyata terpaan panas sinar matahari juga beresiko mendatangkan berbagai macam penyakit berbahaya terhadap tubuh anda. Inilah berbagai manfaat pancaran langsung sinar matahari yang bisa anda maksimalkan untuk kepentingan tubuh anda. Bahkan pancaran sinar matahari berdampak kurang baik terhadap kesehatan tubuh anda. Yuk kita cari manfaat apa saja yang terkandung dalam sinar matahari.

Bagi yang hidup di negara tropis seperti Indonesia, tentunya bisa mendapatkan semua manfaat pancaran sinar matahari baik secara langsung maupun tidak langsung. Anda tentu paham dengan perilaku para turis asing yang berkunjung ke pantai kuta di bali hanya dengan satu tujuan yakni mandi sinar matahari. Mengapa mereka datang dari jauh hanya untuk mendapatkan sinar matahari. Sedangkan kita yang setiap hari merasakan langsung bahkan bersikap cuek saja terhadap fungsi sinar matahari dari segi kesehatan kulit.

Banyak warga masyarakat tidak menyadari bahwa kemulusan kulit tubuhnya merupakan pengaruh baik dari pancaran sinar matahari yang mereka dapatkan secara tidak sengaja. bahkan kekuatan tulang tulang tubuh juga merupakan akibat baik dari pancaran sinar matahari ini. Untuk lebih dapat mengetahui apa saja manfaat sinar matahari terhadap tubuh kita, yuk kita baca keterangan lengkap yang menyangkut semua manfaat dan kegunaan dari pancaran sinar matahari.

Secara garis besar bahwa sinar matahari mengeluarkan berbagai macam jenis sinar yang terpancar dari energi panasnya yakni UVA dan UVB. Namun menurut pakar kesehatan , ternyata pancaran sinar matahari ini bisa berdapak baik bagi kesehatan tubuh anda, namun di sisi lain juga terkandung berbagai macam kerugian yang mungkin selama ini tidak anda pahami. Sehingga bisa dikatakan bahwa pancaran panas yang dikeluarkan oleh matahari ini mempunyai manfaat sekaligus bisa mendatangkan kerugian yang tidak kita inginkan.

Sinar matahari sebagai sumber alami vitamin D. Tentunya anda sudah paham dengan pernyataan bahwa sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang anda dapatkan secara gratis. Jika anda kekurangan vitamin D maka berdampak pada lambatnya pertumbuhan tulang, apalagi saat usia balita hingga masa pertumbuhan. Jika pada masa pertumbuhan ini anda kurang mendapatkan manfaat sinar matahari yang cukup maka dapat menimbulkan masalah yang cukup serius pada pertumbuhan tulang anda. Meskipun sumber vitamin D tidak hanya monopoli sinar matahari, namun vitamin D alami ini sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang yang sehat.

manfaat sinar matahari

Lantas kapan sebaiknya anda mendapatkan manfaat paling maksimal dari sinar matahari ini. Saat yang tepat adalah antara jam 7 pagi hingga sekitar jam 10 siang. Menurut beberapa pakar kesehatan bahwa sinar matahari pagi juga membantu mengurangi dampak buruk pada beberapa penyakit tertentu, seperti : penyakit kardiovaskular, penyakit darah tinggi, penyakit kanker, penyakit multiple sclerosis, penyakit radang sendi, bahkan penyakit diabetes tipe 1 bisa diringankan dampaknya dengan sinar matahari pagi.

Sinar matahari sebagai pengontrol siklus tubuh anda. Hormon Melatonin merupakan salah satu hormon alami yang diproduksi saat malam hari. Hormon melatonin diproduksi oleh kelenjar pineal yang berada di otak. Fungsi utama hormon melatonin adalah pengatur waktu tidur anda secara alami, sehingga rasa kantuk dan bangun tidur anda diatur secara alami oleh hormon melatonin ini. Hormon internal clock ini hanya diproduksi saat anda tidur pada waktu malam hari. Fungsi lain dari hormon melatonin adalah juga bertindak sebagai antioksidan dan membantu melawan penyakit infeksi, inflamasi, dan juga penyakit kanker, hormon tidur ini juga mampu menangkal immunodeficiencies dan kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet matahari.

Manfaat lain dari sinar matahari pagi. Sinar matahari membantu mencegah penyakit autoimun, mengurangi risiko melanoma, dan mempercepat penyembuhan dari gangguan kulit seperti psoriasis. Paparan sinar matahari bantu dalam produksi oksida nitrat, yang mengurangi tekanan darah dan dengan demikian risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Dampak buruk akibat paparan langsung sinar matahari. Seperti diterangkan di atas bahwa sinar matahari hanya mendatangkan keuntungan pada saat pagi hari. Pancaran langsung sinar matahri siang hingga sore hari hanya akan mendatangkan kerugian pada kesehatan anda. Sehingga saat siang hari anda harus berupaya untuk menghalangi sengatan langsung sinar matahari ini. Seperti diketahui bahwa sinar matahari mengandung pancaran sinar ultraviolet ( UVR ) yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit manusia. Untuk meminimalkan dampak buruk sinar matahari, maka sebaiknya anda meningkatkan asupan antioksidan dan membatasi konsumsi makanan berlemak.

Manfaat sinar matahari begitu penting untuk menunjang kehidupan anda jika mengetahui kapan pancaran sinar matahari mendatangkan manfaat, sebab tidak semua pancaran langsung sinar matahari berguna, bahkan ada waktu waktu tertentu yang justru bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang cukup berbahaya.

loading...