Home - KESEHATAN - Gejala dan penyebab serta pengobatan penyakit TBC paru paru

Gejala dan penyebab serta pengobatan penyakit TBC paru paru

advertisements

Penyakit TBC merupakan penyakit menular akibat serangan Mycobacterium Tuberkulosis yang menyerang daerah paru paru. Serangan awal penyakit datang dari menghirup udara yang telah tercemar bakteri Tubercle bacillus yang dikeluarkan oleh penderita aktif TBC saat berbicara atau batuk batuk. Masa inkubasi penyakit TBC cukup lama, biasanya antara 4 minggu hingga 6 minggu tergantung daya tahan tubuh.  Pengobatan penyakit TBC paru paru memerlukan waktu paling cepat 6 bulan. Tanpa pengobatan yang benar dan teratur maka serangan TBC bisa bertahun tahun bahkan bisa menyebabkan timbulnya penyakit lainnya, karena secara umum daya tahan penderita penyakit TBC sangat rendah.

Penderita penyakit TBC paru paru ini sangat mudah dikenali karena mereka akan batuk batuk secara terus menerus dengan tingkat sedang hingga kuat. Di samping itu sebagian besar penderita TBC memiliki daya tahan tubuh yang rendah dengan timbangan berat badan jauh di bawah normal. Bagi penderita penyakit menular ini sendiri harus bisa menjaga tubuh agar selalu sehat dan kuat sehingga daya tahan tubuh akan semakin bertambah dengan banyak mengkonsumsi makanan dan buah buahan.

Gejala penyakit TBC paru paru sangat mudah terdeteksi karena pada serangan awal akan terus menerus merasakan batuk yang berkepanjangan. Disamping itu juga nafsu makan sangat berkurang dan disertai dengan gejala gejala khas TBC lainnya. Penyebab atau biang keladi terjangkitnya penyakit TBC hanya menghirup udara tercemar yang secara tidak sengaja telah dikeluarkan oleh penderita aktif penyakit TBC saat berbicara maupun ketika sedang batuk.

Namun demikian untuk lebih cepat dapat mendeteksi apakah anggota keluarga anda telah terinfeksi oleh kuman TBC, tentunya harus dapat mengetahui gejala gejala penyakit TBC paru paru ini secara lebih spesifik, sehingga lebih cepat dilakukan pengobatan dan antisipasi untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan. Seperti diketahui bahwa penyembuhan penyakit TBC paru paru ini memakan waktu yang cukup lama. Pengobatan penyakit paru paru paling tidak membutuhkan waktu paling cepat 6 bulan hingga 9 bulan. Meskipun demikian ada satu syarat yang tidak boleh dilanggar oleh penderita TBC paru paru bahwa selama masa pengobatan tidak ada kata lupa minum obat yang dilakukan sehari sekali. Jika anda lupa sekali maka dampaknya harus dilakukan lagi pengobatan dari awal.

Oleh sebab itu admin menghimbau khususnya bagi penderita penyakit TBC paru paru untuk dapat mencegah penularan penyakit menular ini kepada orang orang tersayang dan keluarga. Meskipun tidak diasingkan namun diharapkan untuk tetap mencegah penularan yang terjadi dengan mengurangi bertemu dengan orang orang tersayang dan yang lain maupun mengurangi pembicaraan dengan orang lain, meskipun tidak dilarang untuk berkomunikasi. Jika anda berbicara tentunya diwajibkan untuk memakai penutup mulut.

penyakit TBC paru paru

Berikut gejala gejala dan tanda tanda awal serangan penyakit TBC paru paru

  • Daya tahan tubuh turun dratis dan sangat lemah
  • Sering batuk batuk baik siang maupun malam hari, namun intensitas batuk di malam hari lebih sering dari pada saat siang hari. Disamping itu setiap penderita juga merasakan batuk yang berbeda, namun ada satu kesamaan yakni batuk tidak segera sembuh meskipun sudah dilakukan pengobatan beberapa kali. Batuk bisa disertai dengan dahak ( batuk berdahak ) atau batuk kering.
  • Sering mengeluarkan keringat dingin di malam hari.
  • Saat batuk disertai rasa nyeri di dada dan sesak napas, meskipun hanya sedikit rasa nyeri.
  • Pada masa inkubasi ( serangan penyakit ) kadang disertai dengan demam tidak tinggi, namun kadang juga tanpa demam. namun saat positif terkena infeksi TBC paru perasaan demam menjadi lebih sering.

Itulah beberapa gejala umum saat terjangkitnya penyakit TBC paru paru, namun tentu saja setiap orang akan memiliki pengalaman yang sedikit berbeda. Tentu saja untuk memastikan apakah anda terserang kuman atau bakteri TBC harus dilakukan beberapa tindakan medis diantaranya adalah test dahak dan rontgen dada. Selanjutnya dokter akan menentukan dengan melihat foto hasil rontgen dada dan test laboratorium hasil deteksi pada dahak penderita.

Tentunya setiap jenis penyakit akan memiliki penyebab yang berbeda. Demikian juga dengan penyakit TBC paru paru ini yang penyebabnya tentu akan berbeda dengan serangan penyakit jantung misalnya. Sehingga untuk antisipasi terhadap serangan bakteri tuberkulosis, anda dan seluruh keluarga semestinya harus menjaga kesehatan tubuh secara berkesinambungan dan terus menerus, sebab bagaimanapun juga kuman TBC selalu berkeliaran disekitar kita. Untuk itu cobalah memperhatikan hal hal berikut :

  • Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan makan makanan bergizi secara terus menerus yang diselingi dengan olah raga secara teratur. Sebab bagaimanapun juga tubuh yang lemah akan mudah dimasuki bibit penyakit.
  • Menjaga kesehatan lingkungan dan khususnya di dalam rumah dengan memperbaiki ventilasi, sehingga keadaan dalam ruang ruang rumah anda tidak pengap. Dengan ventilasi udara yang cukup juga akan memudahkan sinar matahari masuk dengan leluasa.
  • Rubah pola hidup selama ini dengan mengikuti garis pola hidup sehat.

Pengobatan penyakit TBC paru paru sangat berbeda dengan cara pengobatan penyakit lain karena mengacu pada sistem pengobatan secara berkesinambungan. Oleh sebab itu bagi penderita aktif penyakit TBC paru paru harus mengikuti petunjuk dokter dan mengkonsumsi obat obatan TBC paru paru secara terus menerus tanpa henti. Hal ini cukup penting, sebab pada banyak kasus penyakit TBC paru paru sulit diobati karena kesalahan penderitanya sendiri. Ada satu hal yang harus anda perhatikan dan jalankan yaitu jangan pernah lupa minum obat setiap hari kalau anda tidak mau mengulang siklus pengobatan dari awal.

Ada beberapa hal yang harus anda sadari sebab kadang kala ada efek samping saat mengkonsumsi obat obatan TBC ini, sehingga anda tidak kebingungan karena merasakan ada penyakit baru setelah minum obat. Pada orang orang tertentu setelah minum obat TBC paru paru ini akan mengalami gatal gatal dan lain sebagainya. Apapun keluhan anda pastikan berkonsultasi dengan dokter. Sehingga dokter bisa menentukan jenis obat yang cocok untuk keluhan anda.

loading...