Home - KESEHATAN - Benjolan di leher sebagai indikasi penyakit serius

Benjolan di leher sebagai indikasi penyakit serius

Benjolan di leher bisa menjadi indikasi adanya suatu penyakit tertentu. Beberapa penyakit serius kadang kala juga terindikasi dari adanya benjolan di bagian tengah leher atau di leher bagian atas tepatnya di bawah rahang. Benjolan di leher kiri maupun di kanan bisa merupakan akibat dari beberapa penyakit tertentu, seperti : TBC, infeksi tenggorokan, infeksi gigi, penyakit kista, kanker payudara ataupun kanker kelenjar getah bening, dan beberapa penyakit serius lainnya. Dengan demikian jangan remehkan jika suatu saat timbul benjolan di bagian leher, baik berupa benjolan kecil maupun benjolan besar. Bahkan kadang kala saat dipegang benjolan tersebut tidak terasa sakit.

Dengan demikian cara mengobati benjolan di leher tentunya harus berdasarkan pada diagnosis dokter anda. Meskipun demikian kadang kala dokter spesialis juga bisa keliru dalam memperkirakan penyebab benjolan di leher. Pernah terjadi kasus, saat seorang dokter memperkirakan adanya benjolan di leher tepat di bawah rahang yang diperkirakan sebagai adanya gangguan infeksi gigi, meskipun saat melakukan pengecekan keadaan gigi pasien ( kebetulan ) juga tidak normal, namun pada kenyataannya tidak ada gigi yang sakit, ternyata setelah cek ke dokter lainnya ditemukan penyebab sebenarnya dari benjolan di leher sebelah kanan tersebut adalah akibat dari infeksi penyakit TBC.

Oleh sebab itu meskipun ada benjolan di leher juga harus dikombinasikan dengan keluhan lainnya. Misalnya benjolan di leher disertai dengan gangguan pada gigi, maka tentunya diagnosis mengarah pada infeksi gigi. Pada kasus lainnya, bahwa benjolan di leher disertai dengan batuk batuk yang tak kunjung sembuh, maka biasanya diagnosis diarahkan pada gangguan paru paru yang dalam hal ini adanya serangan penyakit TBC. Namun ada kalanya wanita juga mesti curiga jika ada benjolan di leher dan ketika di tekan bisa berpindah, karena benjolan tersebut tumbuh di bawah kulit. Bisa jadi karena pengaruh dari penyakit kista.

Pada umumnya benjolan benjolan di leher ini akibat adanya pembengkakan dari kelenjar getah bening. Perlu diketahui bahwa pembengkakan kelenjar getah bening sebagai akibat dari adanya infeksi di tubuh seseorang. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sehingga ketika terjadi infeksi atau serangan penyakit serius dan berbahaya maka kelenjar getah bening ini akan membengkak yang terindikasi sebagai benjolan di leher. Meskipun benjolan getah bening ini bisa muncul di masa saja dan di bagian tubuh mana saja, namun pada umumnya yang paling sering ada di bagian leher.

Pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa terjadi pada anak anak usia balita, benjolan di leher anak ini justru lebih kompleks dan memerlukan pemeriksaan lanjutan. Pada umumnya terjadinya pembengkakan atau timbulnya benjolan pada usia balita ini dapat disebabkan oleh beberapa keluhan. Untuk lebih memberikan hasil yang lebih spesifik bisa ditelusuri dari mana benjolan di leher anak berasal, seperti : kelenjar getah bening, kelenjar tiroid, kelenjar ludah, otot leher, infeksi virus, maupun infeksi bakteri.

benjolan di leher

Nah jika demikian pertanyaannya adalah apakah benjolan di leher bisa hilang dengan sendirinya. Tentunya setelah penyebab utamanya di obati, meskipun belum sembuh total, biasanya benjolan di leher ini akan berangsur angsur hilang dengan sendirinya. Ciri-ciri benjolan kelenjar getah bening di leher biasanya hanya berupa sebuah benjolan kecil sebesar biji kacang tanah, namun akan membesar seiring dengan semakin parahnya serangan penyakit penyebabnya. Cara menghilangkan benjolan di leher kiri maupun kanan sebaiknya disesuaikan dengan diagnosis dokter. Biasanya dokter anda akan memberi rujukan untuk memperoleh apa penyebab sebenarnya dari timbulnya benjolan di leher. Rujukan biasanya berupa foto rontgen, cek darah, dan cek kesehatan lainnya. Pelajari juga tentang penyakit asam urat.

loading...

Leave a Reply