Home - KESEHATAN - Bagaimana cara perawatan luka kaki pada penderita diabetes

Bagaimana cara perawatan luka kaki pada penderita diabetes

Tips cara merawat luka kaki pada penderita diabetes atau penyakit gula basah. Bagaimana cara pengobatan dan perawatan luka penderita diabetes. Penyakit diabetes mellitus dapat menyebabkan timbulnya luka pada kaki yang yang biasa disebut sebagai luka gangren ( luka akibat pembusukan ). Luka gangren terjadi akibat sistem imun yang menurun tajam. Pada penderita diabetes mellitus yang cukup parah biasanya terjadi pembusukan pada daerah kaki.

Penyakit diabetes memiki beberapa jenis, salah satunya adalah diabetes basah. Sebagian besar penderita diabetes basah memiliki satu keluhan yang sama yakni penyembuhan luka yang sangat sulit. Pada beberapa penderita penyakit diabetes basah ada yang memiliki luka pada bagian kaki. Bahkan ada sebagian penderita yang harus rela kakinya diamputasi karena terjadi pembusukan. Tentunya untuk mencegah pembusukan makin parah, maka diperlukan perawatan yang benar.

Penyakit diabetes terjadi akibat adanya gangguan pada sistem tubuh khususnya kurangnya suplai zat insulin pada aliran darah. Kekurangan zat insulin mengakibatkan penumpukan gula darah dalam tubuh. Pada keadaan normal zat gula darah akan di ubah menjadi tenaga untuk proses kehidupan manusia. Itulah sebabnya mengapa penderita diabetes merasakan kelemahan pada sekujur tubuhnya. Penumpukan zat gula darah dalam tubuh inilah, maka penyakit ini disebut juga sebagai penyakit gula.

Bagaimana terjadinya penyakit diabetes pada diri sesorang. Timbulnya penyakit diabetes / penyakit gula akibat dari kerusakan bagian sistem pencernaan tubuh khususnya adanya kerusakan pada pancreas. Kurang maksimalnya kerja pancreas mengakibatkan suplai zat insulin berkurang atau tidak sesuai dengan jumlah zat gula darah dalam tubuh. Sehingga semakin lama terjadi penumpukan zat gula darah dalam tubuh. Untuk itulah sebagian pengobatan penderita diabet adalah dengan menyuntikkan zat insulin yang berguna membantu merubah zat gula darah menjadi tenaga.

Timbulnya luka yang biasanya terjadi pada kaki penderita diabetes mellitus ( DM ) akibat kurang maksimalnya pengobatan yang dilakukan oleh penderita sendiri. Sebagian besar penderita DM kurang serius memperhatikan pengobatannya, sehingga semakin lama tambah parah. Hal lain yang menjadi pemicu adalah kurangnya menjaga kebersihan. Lihat penyebab penyakit diabetes.

luka kaki penderita diabetes

Jangan ada kata putus asa dalam kamus anda jika sedang menderita penyakit DM. Dengan pengobatan teratur dan dengan cara yang benar maka penderita penyakit diabetes mellitus masih dapat disembuhkan. Ketidakseriusan pengobatan penyakit diabet dapat mengakibatkan komplikasi berbagai penyakit, seperti : penyakit jantung, penyakit ginjal, dan lainnya. Lihat gejala penyakit batu ginjal pada tahap awal yang tentunya masih dapat disembuhkan dengan obat obatan.

Loading...

Beberapa hal yang dapat mengakibatkan penyakit diabetes anda bertambah parah, yaitu :

loading...
  • Pengobatan kurang maksimal dan tidak teratur.
  • Tidak mematuhi dan menjalankan diet makan oleh tim dokter anda.
  • Banyak pikiran sehingga mengarah ke stress ( mental down ).

Dampak paling parah penderita diabetes mellitus adalah adanya pembusukan pada bagian kaki. Pembusukan pada kaki ini disebabkan oleh adanya luka kecil yang tidak disadari oleh pasien. Pada penderita diabetes mellitus stadium parah biasanya terjadi masalah pada sistem saraf, sehingga saat terjadi atau timbul luka penderita tidak menyadarinya. Dan sebagaimana diketahui bahwa luka penderita diabetes jenis basah memang sangat sulit diobati, hal ini disebabkan oleh tingginya zat gula darah dalam tubuh.

Tingginya kadar zat gula darah dalam tubuh tersebut mengakibatkan supply nutrisi keseluruh tubuh menjadi terganggu. Bagian kaki sebelah bawah ( lutut ke bawah ) merupakan bagian terjauh dalam sistem tubuh manusia, sehingga tentu saja menjadi bagian paling lemah dan bagian paling sedikit mendapatkan nutrisi. Dengan demikian sistem saraf dan pengiriman aliran darah juga paling lemah. Hal inilah mengapa jika terjadi luka sangat sulit disembuhkan dan akhirnya terjadi pembusukan.

Dengan demikian bagi penderita diabetes khususnya jenis mellitus / diabetes jenis basah disarankan untuk merawat luka pada bagian kaki meskipun luka tersebut sangat kecil. Perawatan pada luka kaki ini dapat anda lakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain, namun demikian sebaiknya dilakukan dengan benar. Berikut perawatan luka kaki penderita diabetes mellitus.

Cara merawat luka kaki pada penderita diabetes:

  • Cuci bagian luka pada kaki termasuk bagian kaki lainnya dengan air hangat dengan sabun antiseptik.
  • Keringkan dengan kain lembut secara perlahan dan pastikan semua bagian kaki telah dilap hingga kering. Perhatikan juga bagian sela sela jari kaki yang biasanya terlewatkan. Kelembaban pada daerah kaki dapat memicu timbulnya infeksi jamur dan bakteri lainnya.
  • Anda dapat mengoleskan pelembab untuk mencegah kekeringan, namun demikian sebaiknya bagian sela sela jari kaki jangan diolesi pelembab.
  • Anda tidak disarankan merendam kaki anda karena dikawatirkan menimbulkan kelebaban.

Seperti diketahui bahwa pembusukan identik dengan kelembaban, maka oleh karena itu selalu perhatikan permukaan kulit kaki anda. Jika terjadi keadaan seperti berikut : kaki melepuh, kulit kaki pecah pecah, kuku rapuh, perubahan warna kulit, maka sebaiknya cepat hubungi dokter anda. Meskipun demikian anda tetap disarankan untuk memotong kuku jari kaki jika telah panjang, namun harus tetap waspada dan hati hati jangan sampai terluka.

Untuk membantu melancarkan peredaran darah anda, maka sebaiknya tetap lakukan olah raga secara teratur meskipun hanya 5 hingga 10 menit dengan olah raga ringan. Bisa dibilang jika menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang paling diutamakan. Demikian juga menjaga lingkungan tetap bersih dan terbebas dari kelembaban di dalam rumah karena merupakan sarang yang bagus untuk berbagai bakteri penyakit termasuk penyakit paru paru, seperti diketahui bahwa pengobatan penyakit TBC paru paru memakan waktu yang cukup lama.

Leave a Reply