Home - KESEHATAN - Bagaimana cara merawat kuku tangan dan kuku kaki

Bagaimana cara merawat kuku tangan dan kuku kaki

Banyak di antara anda yang tidak mengetahui cara perawatan kuku tangan maupun kuku kaki. Padahal sebenarnya cara merawat kuku tangan dan kuku kaki tersebut juga memerlukan perawatan yang serius. Jika tanpa perawatan yang benar dalam jangka waktu yang cukup lama, maka bisa saja terjadi berbagai macam penyakit yang akan hinggap pada ujung jari tangan dan ujung kaki anda. Penyakit kuku tangan dan kaki dapat bermacam macam jenis dan di akibatkan oleh berbagai macam penyebab pula. Beberapa jenis penyakit kuku tangan dan kuku kaki yang paling umum, seperti : cantengan dan infeksi karena jamur.

Jika anda bukanlah seseorang yang gemar memelihara kuku, maka cara perawatan kuku lebih mudah dan tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Yang anda perlukan hanyalah memotong secara teratur. Namun jika ternyata anda sangat menyukai tampilan kuku, maka tentu saja anda tidak akan memotong kuku, karena kuku yang anda sukai adalah kuku dengan tampilan panjang. Memang sih dalam dunia kecantikan bahwa kuku harus panjang, terutama kuku tangan. Karena biasanya kuku tangan akan di hias supaya nampak cantik dan menawan. Dengan demikian kuku anda harus dirawat dan dijaga kebersihannya.

Teknik perawatan kuku dapat dipisahkan menjadi dua jenis, yakni perawatan kuku dari luar tubuh dan perawatan kuku dari dalam tubuh. Ke dua jenis perawatan ini harus berjalan secara bersama sama. Sebab meskipun tiap hari anda membersihkan kuku secara teratur, namun kadang tampilan kuku tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kuku anda akan tampak kusam dan mudah patah. Perawatan kuku adalah dari bagian perawatan kesehatan tubuh pada umumnya.

Pada dasarnya ke dua kuku kita memerlukan perawatan seperti anggota tubuh yang lain, baik perawatan dari luar tubuh maupun perawatan dari dalam tubuh. Tanpa perawatan yang benar maka tampilan kuku anda akan tampak kusam dan bahkan kuku mempunyai tampilan bertumpuk. Berikut beberapa jenis tampilan kuku terutama kuku kaki jika tidak dirawat dengan baik dan benar secara teratur :

  • Warna kuku pucat dan pudar serta tidak mengkilap.
  • Kuku sangat mudah patah.
  • Kuku tampak pecah pecah.
  • Pertumbuhan kuku tidak normal dan cenderung bertumpuk ( berbuku buku ).
  • Menimbulkan bau busuk ( tidak sedap ) yang berasal dari balik kuku.
  • Tempat bersarangnya berbagai macam bakteri dan penyakit.

merawat kuku tangan

 

Perawatan kuku dari dalam tubuh.

Cara perawatan kuku dari dalam tubuh selaras dengan jenis dan kualitas makanan yang anda masukkan dalam tubuh. Pada dasarnya kuku kaki dan tangan anda juga memerlukan vitamin seperti anggota tubuh lainnya. Perawatan kuku dari dalam ini sangat ditentukan oleh asupan makanan harian anda. Untuk menjaga penampilan dan kesehatannya, maka kuku anda memerlukan :

Loading...
  • Zat besi : Untuk menjaga kekuatannya maka kuku anda memerlukan asupan zat besi seimbang. Jika tampilan kuku anda tampak rapuh dan mudah patah maka sudah dapat dipastikan tubuh anda kekurangan asupan zat besi. Zat besi banyak terdapat pada : sayur sayuran, jenis kacang kacangan, daging merah. Namun demikian untuk mempercepat penyembuhan maka sebaiknya ditambah dengan suplemen dan vitamin.
  • Seng : Zat tubuh yang satu ini diperlukan untuk menjaga pertumbuhan kuku supaya tetap normal. Jika tubuh anda kekurangan seng, maka akan tampak pada kuku anda timbul bintik bintik putih dengan disertai pertumbuhan kuku yang sangat lamban. Zat seng banyak terdapat pada : jenis kacang kacangan, daging ayam, dan lainnya.
  • Vitamin B12 : Jenis vitamin yang satu ini berguna untuk menjaga tampilan kuku anda nampak sempurna dan tidak kusam. Vitamin B12 ini banyak terdapat pada : nasi, telor, ikan, keju, dan lainnya.

Perawatan kuku dari luar tubuh.

loading...

Jagalah kebersihan kuku anda secara teratur dan terus menerus. Kuku merupakan tempat bersarangnya berbagai macam kuman penyakit yang bersembunyi dibalik pangkal kuku. Warna kuku hitam menandakan si empunya tidak pernah merawat kuku. Jika anda gemar memelihara kuku panjang, maka disarankan untuk memanjangkan kuku secara wajar. Memelihara kuku panjang bukan berarti tidak pernah memotong kuku sama sekali. Rapikan pinggir kuku anda secara teratur. Berikut cara merawat kuku tangan dan kuku kaki :

Pastikan panjang kuku tangan maupun kuku kaki dalam batas wajar, sehingga memotong kuku juga mesti dilakukan secara teratur. Banyak keuntungan yang didapat jika anda memotong kuku sendiri karena dapat dengan cepat mendeteksi kekurangan maupun penyakit pada kuku anda. Jangan lupa setelah melakukan pemotongan kuku langsung di amplas dengan pengamplas kuku, hal ini untuk menghindari bekas pemotongan yang tajam.

Jika anda termasuk wanita karir, tentunya melakukan perawatan kuku di salon, saran saya  jangan terlalu sering, karena bisa membuat kesehatan kuku anda berkurang karena rapuh, seperti diketahui perawatan kuku disalon biasanya menggunakan bahan bahan kimia yang bisa membuat kuku anda gampang patah atau rapuh.

Leave a Reply