Home - OTOMOTIF - Awas oli mesin sepeda motor matic lebih cepat berkurang

Awas oli mesin sepeda motor matic lebih cepat berkurang

Tahukah anda bahwa oli mesin sepeda motor matic ( transmisi otomatis ) mengalami penguapan lebih besar dari pada motor transmisi manual, sehingga oli mesin menjadi cepat berkurang. Keadaan ini tentu saja dapat merusak mesin motor jika anda tidak mempunyai jadwal penggantian oli mesin secara berkala. Paling tidak setiap bulan oli mesin motor matic harus di ganti.

Semakin mahalnya harga oli mesin sepeda motor maka bagi sebagian masyarakat tentu menambah beban pengeluaran untuk membeli oli mesin. Hal demikian tentunya memicu untuk mencoba menambah masa penggantian oli mesin khususnya untuk sepeda motor. Kalau saat harga oli mesin masih stabil ( murah ) tentunya masa penggantian oli mesin masih sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor. namun dengan semakin mahalnya harga oli mesin banyak diantara pemilik sepeda motor berusaha untuk memperpanjang masa ganti oli.

Keadaan demikian tentunya tidak dapat dibenarkan dan dapat membahayakan kinerja mesin motor anda. Seperti kita tahu bahwa oli mesin mempunyai fungsi amat sangat vital untuk melindungi dan mencegah agar supaya tidak terjadi gesekan gesekan logam di dalam mesin kendaraan. Jika masa penggantian oli diperpanjang maka dikawatirkan fungsi pelumasan tidak sempurna dan dapat menimbulkan gesekan pada logam mesin.

Disadari atau tidak ternyata mesin sepeda motor matic lebih cepat panas dari pada motor transmisi manual. Panasnya mesin sepeda motor ini tentu saja berdampak pada cepat menguapnya oli mesin dan pada akhirnya level oli mesin banyak berkurang. Hal ini pernah terjadi pada sepeda motor MIO J teen yang oleh pemiliknya ( karena teledor ) dalam beberapa bulan tidak mengganti oli mesin. Dan ternyata saat penggantian level oli mesin sangat berkurang sekali ( sekitar 25% saja ), padahal motor tersebut baru sekitar 7 bulan digunakan. Masih beruntung tidak timbul kerusakan pada sistem mesinnya.

Dinegara beriklim tropis seperti di indonesia tentu saja dapat menambah panasnya oli mesin karena sepanjang hari udara sangat panas. Sehingga karena pemakaian dalam perjalanan jauh dapat membuat mesin over heat karena kepanasan. hal ini tentunya berdampak pada sistem yang lain, seperti pemakaian bahan bakar yang cenderung lebih boros karena tenaga banyak berkurang.

sepeda motor matic
sepeda motor matic

Dengan demikian khususnya pada para pemilik sepeda motor jenis matic sebaiknya tidak menarik gas lebih dalam jika berkendara jarak jauh saat terik panas matahari. Ada baiknya setiap 3 atau 4 jam sekali istirahat untuk sekedar mendinginkan mesin, hal ini tentunya akan lebih baik dan dapat memperpanjang usia motor matic anda.

Sebenarnya pabrikan sepeda motor telah memikirkan penyebab cepat panasnya oli mesin motor matic ini. Itulah sebabnya tidak boleh sembarangan menggunakan oli mesin pada sepeda motor matic. Penting untuk anda ketahui bahwa ole mesin mtor matic berbeda dengan oli mesin untuk sepeda motor manual. Harga oli mesin motor matic relatif lebih mahal dari pada oli mesin motor manual.

Loading...

Gunakan selalu type dan jenis bahkan merk oli mesin untuk sepeda motor matic sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor anda. Semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Reply